Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam HelloFest Movies, Kalah Bukan Soal

Kompas.com - 08/11/2013, 15:53 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tidak ada karya yang jelek, kalah pun bukan soal bagi para peserta HelloFest Movies, kontes film anime dalam HelloFest, festival untuk para pegiat anime. Film-film yang tidak menang itu dinilai oleh Founder HelloFest, Wahyu Aditya, kurang beruntung saja.

"HelloFest itu mencampurkan beberapa hal, termasuk film yang absurd pun bisa masuk di kami. Yang kalah ini, menurut kami, hanya kurang sesuai dengan tema yang ada pada saat itu," kata Wahyu dalam jumpa pers HelloFest 9 Anima Expo 2013 di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2013).

Film-film yang kalah tetap menjadi arsip penting HelloFest yang sewaktu-waktu bisa diikutkan dalam festival-festival film internasional. "Menang atau kalah tetap kami kelola. Yang kalah bakal kami ikutkan lagi di event internasional," terang Wahyu.

Contohnya, film anime Semut Wars.  Film yang bercerita tentang misi serdadu semut menghancurkan instalasi misil itu diikutkan ke sebuah festival internasional, meski tak menjadi juara HelloFest Movies. "Film Semut ini saya ikutkan di ajang internasional dan berhasil di sana," kata Wahyu.

HelloFest bertujuan merangkul para kreator anime lokal untuk terus berkembang. "Sebagai kreator, juga tumbuh. Kami merangkul mereka untuk sama-sama tumbuh. Hasilnya, mereka sudah mulai mengerjakan produk-produk besar. Ada yang yang bikin serial animasi panjang," papar Wahyu. "Misalnya Achmad Rofic, dia sudah punya perusahaan sendiri dan sekarang mau merilis film animasinya sendiri," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com