Pedang Naruto Paling Diburu di HelloFest 9

Kompas.com - 09/11/2013, 22:26 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Gerai martial art shop yang menjual replika senjata andalan karaketr-karakter anime ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para pegiat KostuMasa, pada hari pertama HelloFest 9 Anima Expo 2013, yang digelar di Kompleks Kolam Renang Senayan, Jakarta, 9-10 November 2013.

"Senjata martial art itu sendiri sudah ada komunitasnya, mulai dari bela diri Jepang, seperti komunitas bela diri Samurai, komunitas Ninjitsu (komunitas bela diri ninja), lalu ada komunitas cosplay, atau komunitas kostum-kostum yang memerlukan pedang, pisau, atau senjata lempar," kata Reza Taufiq, pemilik gerai martial art shop Reza Miyamoto, dalam wawancara di Kompleks Kolam Renang, Senayan, Jakarta, Sabtu sore.

Replika senjata yang dijualnya variatif, dari yang menyerupai senjata bersejarah hingga yang meniru milik tokoh-tokoh anime. "Ada pedang yang modelnya historikal, istilahnya yang prasejarah lah. Ada juga pedang yang meniru film animasi, terutama animasi Jepang, seperti Naruto, Samurai X," tutur Reza.

Khusus mengenai replika senjata Naruto, Reza menyatakan bahwa barang dagangannya itu paling diburu oleh para pegiat KostuMasa. "Pisau Naruto, pedang, bintang lempar Naruto, pokoknya banyak," tuturnya.

Pedang dari film animasi keluaran Eropa dan AS ada di peringkat kedua yang menjadi barang koleksi yang paling dicari.

"Pedang-pedang (film animasi) Eropa, Amerika juga banyak yang cari," kata Reza lagi.

Tapi, jangan salah, beberapa pedang ada yang sangat tajam dan bisa digunakan untuk memotong. "Seperti komunitas bela diri Ninjitsu, mereka memerlukan pedang dengan detil tertentu yang bisa dipakai memotong target. Jadi, tergantung kebutuhan komunitas masing-masing," jelas Reza.

Reza mematok harga pedang dagangannya beragam. "Kalau untuk pedang, harganya ada yang mulai Rp 75.000. Yang biasa dipakai untuk keperluan cosplay, fotografi, kostum, itu ada yang murah-murah. Untuk collector item, sampai saat ini kami yang paling mahal untuk pedang impor Rp 8,5 juta," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.