PA Depok: Perkawinan Asmirandah Bisa Batal

Kompas.com - 25/11/2013, 14:35 WIB
Artis peran Asmirandah Zantman atau biasa dipanggil Andah hadir dalam acara pemutaran filmnya yang berjudul Jakarta Hati di Platinum XXI fX, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2012). 
 TRIBUN JAKARTA/JEPRIMAArtis peran Asmirandah Zantman atau biasa dipanggil Andah hadir dalam acara pemutaran filmnya yang berjudul Jakarta Hati di Platinum XXI fX, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2012).
|
EditorAti Kamil
DEPOK, KOMPAS.com — Pihak Pengadilan Agama Depok (PA Depok), Jawa Barat, menyatakan bahwa perkawinan artis peran Asmirandah Zantman (24) atau Andah dengan rekan seprofesinya, Jonas Rivanno Wattimena (26) alias Vanno, akan batal jika pengajuan pembatalan perkawinan itu dikabulkan oleh majelis hakim.

"Kalau dikabulkan, putusan itu akan membatalkan pernikahan. Perkawinan yang tidak jadi itu dibatalkan oleh majelis hakim," kata perwakilan Humas PA Depok, Suryadi, dalam wawancara di PA Depok, Sukmajaya, Depok, Senin (25/11/2013).

Andah telah mengajukan pembatalan perkawinan terhadap Vanno dengan nomor perkara 2390/pdt.g/2013/PA.dpk tertanggal 7 November 2013. Namun, substansi gugatan tersebut tak bisa dibeberkan oleh PA Depok saat ini.

"Substansi perkara belum bisa kami sampaikan karena sidang baru hari Rabu, 27 November 2013," kata Suryadi lagi.

Perlu diketahui, menurut Pasal 71 Kompilasi Hukum Islam, suatu perkawinan bisa dibatalkan apabila terjadi poligami tanpa izin, perempuan yang menikah masih memiliki suami lain, perempuan yang menikah masih dalam masa idah, perkawinan melanggar batas umur perkawinan, dan perkawinan dilaksanakan dengan paksaan.

"(Terkait) perkawinan yang dipaksakan, bisa mengajukan pembatalan perkawinan apabila ternyata termohon tidak sungguh meyakini agama (pasangannya)," ungkap Suryadi.

Namun, pembatalan perkawinan berbeda dengan perceraian. "Akibat hukumnya berbeda dengan penceraian. Dalam pembatalan nikah, ya tidak seperti perceraian," ujar Suryadi lagi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.