Demi Hak Cipta, The Beatles Akan Rilis 59 Hasil Rekaman

Kompas.com - 15/12/2013, 13:59 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- The Beatles akan merilis 59 hasil rekaman yang jarang atau belum pernah mereka perdengarkan, dalam sebuah penawaran agar hak cipta lagu-lagu itu tidak kadaluarsa dan tetap dilindungi undang-undang.

Kompilasi digital itu akan memuat, antara lain, sesi mereka di BBC, empat lagu dari She Loves You, dan lima lagu dari A Taste of Honey. Rencana ini belum diumumkan secara resmi, tetapi juru bicara dari perusahaan rekaman Apple telah memberi konfirmasi kepada BBC.

Undang-undang di Uni Eropa memberi perlindungan hak cipta lagu selama 70 tahun setelah direkam, tetapi hanya jika dirilis secara resmi. Jika tidak, perlindungan hak cipta akan berlaku selama 50 tahun.

Dalam kasus The Beatles, album perdana mereka, Please Please Me, yang dirilis pada 1963, akan dilindungi undang-undang sampai 2033, tetapi hasil rekaman album tersebut belum dirilis. Jika Beatles memilih untuk tidak merilis rekaman itu sebelum akhir tahun ini, bisa diartikan perusahaan rekaman lain secara teoritis bisa memeroleh hak cipta lagu-lagu dalam album tersebut dan mengambil keuntungan dari lagu-lagu itu.

Single perdana Beatles, "Love Me Do", dirilis pada 1962, sebelum perlindungan hak cipta Uni Eropa disahkan menjadi undang-undang. Setidaknya satu perusahaan rekaman menerbitkan sebuah versi lagu tersebut.

Koleksi baru itu diharapkan akan biasa diperoleh di iTunes mulai Selasa mendatang (17/12/2013).

Rencana The Beatles tersebut untuk kali pertama dikabarkan oleh blog Norwegian Beatles, WogBlog, yang juga mempublikasi gambar sampul dan daftar lagu mereka.

Menurut blog itu, koleksi hasil rekaman tersebut akan memasukkan tiga versi There's a Place, juga demo dua lagu dari grup tersebut yang diberikan kepada artis-artis lain, yaitu versi akustik Paul McCartney dan John Lennon untuk lagu "Bad to Me" dan permainan piano Lennon untuk lagu "I'm in Love".

The Beatles bukanlah band pertama yang merilis rekaman dalam sebuah penawaran untuk memerpanjang hak cipta. Perusahaan rekaman yang memegang hak cipta lagu-lagu Bob Dylan juga melakukannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.