Sam Bimbo Rindu Pemimpin Peduli Seniman

Kompas.com - 06/02/2014, 16:48 WIB
Artis musik Sam Bimbo tampil menghibur dalam diskusi dan bedah buku di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (2/11/2013). Diskusi dan bedah buku Gus Dur Ku, Anda, Kita, karya AS Hikam, tersebut mengupas role model pemimpin dan guru bangsa. Artis musik Sam Bimbo tampil menghibur dalam diskusi dan bedah buku di Bentara Budaya Jakarta, Sabtu (2/11/2013). Diskusi dan bedah buku Gus Dur Ku, Anda, Kita, karya AS Hikam, tersebut mengupas role model pemimpin dan guru bangsa.
EditorAti Kamil
BANDUNG, KOMPAS.com -- Tahun 2014, grup musik Bimbo, dengan personel Acil, Sam, dan Jaka, memasuki usia yang ke-47. Mereka berharap, pemilihan umum presiden yang akan digelar tahun ini dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar peduli kepada seniman.

"Siapa pun presidennya, juga para menterinya, selain dapat mengatasi permasalahan bangsa ini, kami juga berharap dapat melindungi hak seniman," kata Samsudin Hardjakusumah atau Sam Bimbo (71), Senin (3/2/2014), di Bandung, Jawa Barat.

Sam merasa prihatin dengan maraknya pembajakan yang merugikan seniman, khususnya di kalangan pencipta lagu.

"Pembajakan amat dahsyat, tetapi nyaris tidak ada pembajak yang ditangkap masuk penjara. Kalaupun ada yang ditangkap, hanya diproses perdata, yang ujung-ujungnya tabok-tabokan pake duit. Kalaupun ada denda, bisa diatur. Jadi, pembajak terkesan tidak kapok," ujar Sam, yang kini juga masuk dalam tim ahli musik di bawah Direktur Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sam berpendapat, betapa pentingnya perlindungan hak ekonomi seniman agar mereka dapat hidup layak. Salah satunya adalah pada perlindungan performing right.

Malaysia, yang berpenduduk 30 juta jiwa, dari performing right menghasilkan Rp 300 miliar. Adapun Indonesia, yang berpenduduk 250 juta jiwa, perolehan dari performing right hanya Rp 6 miliar. (SEM)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X