Iwan Fals Dulu Takut Nyanyikan Dua Lagu Eros Djarot

Kompas.com - 11/02/2014, 19:28 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk konser 40 Tahun Eros Djarot Berkarya, pemusik yang bernama lahir Soegeng Waluyo Djarot (63) itu memercayai vokalis sekaligus pencipta lagu Iwan Fals (52) untuk menyanyikan "Perubahan" dan "Tuhan Ampuni Dosa Kami" di panggung Plenary Hall, Jakarta Convention Center, 14 Februari 2014 malam. Iwan mengaku dulu takut meladeni permintaan Eros untuk membawakan kedua lagu itu.

"Mas Eros kasih lagu itu ke saya buat dinyanyiin. Tapi, waktu itu saya enggak bisa nyanyiin. Enggak bisa, pokoknya. Enggak berani nyanyiin," kenang Iwan di sela latihan konser 40 Tahun Eros Djarot Berkarya di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/2/2014).

Namun, karena kedua lagu tersebut mengena dengan situasi Tanah Air, yang tengah diterpa bencana, kini Iwan menyanggupi tawaran Eros itu.

"Ya, saya dapat jatah dua lagu. Lagu soal bencana itu saya yang pilih. Ini lagu baru, baru dikeluarkan. Tapi, Mas Eros kasih lagu itu pas bencana tahun 2007, pas bencana Yogya (peringatan satu tahun gempa bumi Yogyakarta, 27 Mei 2007)," papar Iwan.

"Yang lagu 'Tuhan Ampuni Dosa Kami' itu ceritanya renungan tentang bencana. Mungkin bencana ada karena kesalahan kita sendiri. Kita penuh dosa. Pesan moral lah. Alamnya murka. Mungkin dosa terhadap manusia lain, alam, diri sendiri. Terus, pas ada konser ini, Mas Eros kontak saya lagi. Saya usulin gimana kalau lagu yang dulu dikasih, saya nyanyiin. Kan sekarang bencana itu banyak melanda Indonesia," lanjutnya.

Iwan mengaku memang menyukai lagu-lagu karya Eros.

"Hampir semua saya suka. Syairnya, harmoni lagunya, saya suka. Saya latihan sejam, enggak ada kesulitan. Ketemu Erwin Gutawa (orkestrator dan aranjer untuk konser itu) bikin nyaman penyanyi dan saya luangkan waktu untuk ini," aku Iwan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.