Atiqah Hasiholan Terinspirasi Sosok Likas

Kompas.com - 23/04/2014, 21:44 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Film bukan sekadar ladang untuk mencari uang bagi aktor atau aktris yang terlibat di dalamnya. Bagi Atiqah Hasiholan (32), film juga bisa menjadi "guru" untuk kehidupan yang dijalaninya.

Melalui kisah-kisah yang difilmkan, artis kelahiran 3 Januari 1982 ini pelan-pelan berusaha mengubah dirinya menjadi manusia yang lebih baik. Salah satu sosok yang menginspirasi dirinya adalah Ibu Likas, istri pejuang Sumatera Utara, Djamin Ginting.

"Dari kehidupan yang dijalani Ibu Likas, saya belajar bagaimana tidak menjadi egois dan abai terhadap orang-orang yang kita cintai," kata Atiqah, saat syukuran produksi film 3 Nafas Likas, di Jakarta.

Kisah Likas difilmkan oleh sutradara Rako Prijanto. Atiqah berperan sebagai Likas. Film mengambil setting waktu 1930 hingga 2000.

Atiqah mengatakan, Likas adalah sosok perempuan Batak Karo yang mendobrak tatanan adat yang ada. Menurut adat di masa lalu, peran perempuan banyak terpinggirkan, tetapi Likas justru bergerak meneruskan cita-cita tiga pria yang dicintainya, yaitu ayah, kakak, dan suaminya. Hidupnya sukses sebagai pengusaha karena ia menjalankan amanat ketiganya.

"Terkadang kita egois menjalankan keinginan kita sendiri dan mengubur cita-cita orang lain yang sudah mati," kata Atiqah.

Ibu Likas hingga sekarang masih hidup. Adapun Djamin Ginting, pejuang yang menentang pendudukan Belanda di Batak Karo, meninggal di usia 55 tahun.

Memerankan Likas, Atiqah merasa sebagai bintang baru meski ia sebelumnya sudah membintangi banyak film.

Ia harus banyak belajar tentang sosial-budaya masyarakat Batak Karo, dari tahun 1930-an hingga 2000-an. Ia belajar bagaimana cara berbicara, bagaimana alam pikir mereka dari masa ke masa, dan lain-lain.

"Perempuan Karo beda banget. Secara budaya dan dialog, mereka sangat berbeda dengan Melayu. Saya belajar sesuatu yang baru," ujarnya. (Lusiana Indriasari)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.