Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Grace of Monaco" Dilarang di Monako, Nicole Kidman Kecewa

Kompas.com - 22/05/2014, 17:32 WIB
CANNES, KOMPAS.com — Film Grace of Monaco—yang dibintangi oleh Tim Roth dan Nicole Kidman sebagai Pangeran Rainier III dari Kerajaan Monako dan istri Rainier, artis Hollywood Grace Kelly—dilarang diputar di Monako oleh keluarga kerajaan tersebut, Keluarga Grimaldi. Kidman, Roth, dan sutradara film itu, Olivier Dahan, kecewa atas sikap keluarga kerajaan keturunan pasangan yang telah meninggal dunia tersebut.

Film yang dirilis pada 2014 itu berfokus pada krisis perkawinan dan identitas Grace selama perselisihan pada 1962 antara Rainier dan Presiden Perancis Charles de Gaulle. Putri Stephanie dari Keluarga Grimaldi, yang merupakan salah seorang anak Grace dan Rainier, telah menyatakan bahwa seharusnya film itu tak pernah ada karena hanya menjelek-jelekkan ayahnya.

Kidman, Roth, dan Dahan mengungkapkan kekecewaan mereka atas sikap Keluarga Grimaldi itu dalam jumpa pers mengenai film tersebut di Cannes, Perancis, pada Rabu (14/5/2014) waktu setempat. Jumpa pers itu diadakan pada siang hari sesudah film tersebut diputar secara perdana sekaligus sebagai pembuka Festival de Cannes 2014.

"Mengapa begitu banyak kebencian yang dikeluarkan? Film saya memperlihatkan bagaimana seorang perempuan dengan kekuatan cintanya bisa menciptakan perdamaian. Terus terang, saya tak mengerti. Hmmm... tepatnya agak terhina oleh lontaran Stephanie yang menyatakan bahwa film saya seharusnya tidak pernah ada, hanya karena keluarga kerajaan itu merasa saya menjelek-jelekkan ayahnya dalam film tersebut. Sekali lagi, film saya bukanlah sebuah film biografi," tutur Dahan.

Dahan mengatakan pula, melalui film itu, ia tak bermaksud menyinggung Charles de Gaulle, Presiden Perancis yang memerintah pada 1940-1944, yang terkesan keras dan memilih jalan perang daripada damai.  

Kidman senada dengan Dahan

"Jelas, saya merasa sedih karena menurut saya film ini tidak memiliki kebencian terhadap keluarga itu, terutama terhadap Grace atau Rainier," tutur Kidman, yang menyebut bahwa kisah dalam film itu merupakan fiksi yang dibikin berdasarkan cerita nyata.

Kidman menambahkan, ia memahami anak-anak Grace begitu protektif atas sosok ibu mereka.

"Saya tetap hormat dan saya ingin mereka mengetahui bahwa penampilan itu (dalam film tersebut) dilakukan dengan cinta," tuturnya pula.

Kidman juga mengatakan, jika mereka pernah memutuskan untuk menonton film itu, mereka akan melihat kasih sayang untuk orangtua mereka.

Kidman menambahkan pula, meski keluarga Kerajaan Monako menyatakan film tersebut tak pantas untuk diputar, ia merasa puas dengan kenyataan bahwa film itu terpilih untuk menjadi film pembuka festival bergengsi tersebut.

Sementara itu, Roth memang mengatakan bahwa setiap orang berhak untuk suka atau tidak suka terhadap sebuah film, tetapi ia tetap menyayangkan Keluarga Grimaldi sampai mengeluarkan kecaman dan larangan tersebut. (Dini Kusmana Massabuau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com