Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi, Siapa Capres Pilihan Iwan Fals?

Kompas.com - 04/06/2014, 12:18 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Satu per satu artis kenamaan di negeri ini menunjukkan dukungan kepada calon presiden (capres) Joko Widodo—yang dikenal sebagai Jokowi—atau capres Prabowo Subianto. Sebaliknya, artis musik kawakan Iwan Fals (52), yang bernama lahir Virgiawan Listanto, tak menyebut dengan lantang keberpihakannya.

Kali terakhir diberitakan, pelantun lagu "Bongkar" tersebut sempat menerima kunjungan silaturahim capres Jokowi di kediamannya, Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 3 April 2014. Setelah itu, tak terdengar berita lagi tentang Iwan dikaitkan dengan Jokowi. Tidak ada pula berita mengenai hubungan Iwan dengan Prabowo. Jadi, siapa capres pilihan Iwan?

Coba ikuti akun Twitter Iwan, @iwanfals, dengan nama user Nyanyian Raya. Lewat akunnya itu, Iwan berkicau soal kedua capres yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli 2014.

"Klo soal milih wi atau wo biar sy & kotak suara sajalah yg tau. Selamat Nowela," tulis Iwan pada 24 Mei 2014 atau bertepatan dengan kemenangan vokalis Nowela dalam Indonesian Idol 2014.

Kendati tak pernah lantang menyatakan dukungannya untuk capres yang mana, Iwan selalu mengikuti pemberitaan Pilpres 2014, termasuk bumbu-bumbu kampanye hitam yang belakangan ramai beredar di jejaring sosial.

"Walau banyak kampanye hitam tp wajah2 ceria lebih banyak terlihat dipilpres kali ini," kicau Iwan pada Minggu (1/6/2014).

"Moga2 keceriaan ini terus sampai presiden terpilih & terus lagi sampai pemilihan berikutnya & teruuus lagi," sambung Iwan pada hari yang sama.

Bagi Iwan, Pilpres bukan perkara siapa memilih siapa.

"ini bukan soal siapa memilih siapa tapi siapa yg pantes dipilih," tulis Iwan pada Selasa (3/6/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com