Jadi, Siapa Capres Pilihan Iwan Fals?

Kompas.com - 04/06/2014, 12:18 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Satu per satu artis kenamaan di negeri ini menunjukkan dukungan kepada calon presiden (capres) Joko Widodo—yang dikenal sebagai Jokowi—atau capres Prabowo Subianto. Sebaliknya, artis musik kawakan Iwan Fals (52), yang bernama lahir Virgiawan Listanto, tak menyebut dengan lantang keberpihakannya.

Kali terakhir diberitakan, pelantun lagu "Bongkar" tersebut sempat menerima kunjungan silaturahim capres Jokowi di kediamannya, Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 3 April 2014. Setelah itu, tak terdengar berita lagi tentang Iwan dikaitkan dengan Jokowi. Tidak ada pula berita mengenai hubungan Iwan dengan Prabowo. Jadi, siapa capres pilihan Iwan?

Coba ikuti akun Twitter Iwan, @iwanfals, dengan nama user Nyanyian Raya. Lewat akunnya itu, Iwan berkicau soal kedua capres yang akan bertarung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli 2014.

"Klo soal milih wi atau wo biar sy & kotak suara sajalah yg tau. Selamat Nowela," tulis Iwan pada 24 Mei 2014 atau bertepatan dengan kemenangan vokalis Nowela dalam Indonesian Idol 2014.

Kendati tak pernah lantang menyatakan dukungannya untuk capres yang mana, Iwan selalu mengikuti pemberitaan Pilpres 2014, termasuk bumbu-bumbu kampanye hitam yang belakangan ramai beredar di jejaring sosial.

"Walau banyak kampanye hitam tp wajah2 ceria lebih banyak terlihat dipilpres kali ini," kicau Iwan pada Minggu (1/6/2014).

"Moga2 keceriaan ini terus sampai presiden terpilih & terus lagi sampai pemilihan berikutnya & teruuus lagi," sambung Iwan pada hari yang sama.

Bagi Iwan, Pilpres bukan perkara siapa memilih siapa.

"ini bukan soal siapa memilih siapa tapi siapa yg pantes dipilih," tulis Iwan pada Selasa (3/6/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.