Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebi Romeo: Mungkin Dhani Enggak Paham Ubah Lirik Harus Izin

Kompas.com - 27/06/2014, 14:10 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepada sebuah portal berita online ternama, artis musik Ahmad Dhani pernah mengaku bahwa untuk mengubah lirik lagu "We Will Rock You" menjadi lagu dukungan kampanye Prabowo-Hatta: We Will Rock You tersebut tak perlu mengantongi izin dari sang pencipta lagu, Brian Harold May, gitaris band legendaris Queen. Alasan Dhani, lagu kampanye itu merupakan lagu cover version serta diunggah ke YouTube tanpa unsur komersial dan tak ada penjualannya dalam format-format RBT, CD, VCD, DVD, atau digital. Bagaimana vokalis dan pencipta lagu Bebi Romeo (39), yang juga sahabat Dhani, memandang hal tersebut?

"Mungkin dia (Dhani) enggak paham soal mengubah lirik itu. Sayangnya, dia enggak ngomong dulu ke aku," jelas Bebi dalam wawancara di Studio IV RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (25/6/2014) malam.

Menurut Bebi, Dhani tidak boleh menyebut lagu tersebut lagu cover version dari "We Will Rock You" jika liriknya sudah diubah atau diterjemahkannya.

"Mengubah, yang namanya mengubah lirik itu harus izin. Begitu juga dengan menerjemahkan lirik, itu kan sifatnya juga mengubah, mengubah bahasanya," jelas Bebi lagi.

Diceritakan oleh Bebi, pengalaman serupa pernah terjadi pada dirinya ketika lagu "Bukan Cinta Biasa", yang diciptanya diubah liriknya tanpa izin untuk keperluan iklan minuman ringan.

"Waktu itu dipakai jadi 'bukan cincau biasa'. Saya sebagai pemegang copy right lagu 'Bukan Cinta Biasa' ya marah kalau lagu saya diubah tanpa izin saya. Mestinya, ngobrol dulu. Kalau ngobrol, dapat izin, kan semuanya enak," cerita Bebi.

Menurut Bebi pula, bisa jadi juga Dhani tak sempat mengajukan izin untuk mengubah lirik "We Will Rock You".

"Belum kali, belum sampai izinnya (ke pihak Brian May). Karena, yang sudah-sudah, kalau Dhani ambil lagu, dia pasti bilang ini nyontek, kayak lagu 'Cinta Mati' itu. 'Udah izin belum?', 'Sudah Beb'," cerita Bebi.

"Apalagi lagu 'We Will Rock You' itu sangat merakyat di dunia, dan yang sudah-sudah Dhani selalu izin, dan Dhani itu suka banget sama Queen. Saya sampai kaget dia punya file lagu-lagu Queen yang belum di-mixing. Mungkin karena merasa ada kedekatan itu akhirnya Dhani buru-buru ngeluarin lagunya," kata Bebi lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com