Bebi Romeo: Mungkin Dhani Enggak Paham Ubah Lirik Harus Izin

Kompas.com - 27/06/2014, 14:10 WIB
Penyanyi Bebi Romeo meluncurkan  albumnya yang bertajuk Bebi Romeo Masterpiece di Birdcage Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2012). TRIBUN JAKARTA/JEPRIMAPenyanyi Bebi Romeo meluncurkan albumnya yang bertajuk Bebi Romeo Masterpiece di Birdcage Cafe, Jakarta Selatan, Selasa (18/12/2012).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepada sebuah portal berita online ternama, artis musik Ahmad Dhani pernah mengaku bahwa untuk mengubah lirik lagu "We Will Rock You" menjadi lagu dukungan kampanye Prabowo-Hatta: We Will Rock You tersebut tak perlu mengantongi izin dari sang pencipta lagu, Brian Harold May, gitaris band legendaris Queen. Alasan Dhani, lagu kampanye itu merupakan lagu cover version serta diunggah ke YouTube tanpa unsur komersial dan tak ada penjualannya dalam format-format RBT, CD, VCD, DVD, atau digital. Bagaimana vokalis dan pencipta lagu Bebi Romeo (39), yang juga sahabat Dhani, memandang hal tersebut?

"Mungkin dia (Dhani) enggak paham soal mengubah lirik itu. Sayangnya, dia enggak ngomong dulu ke aku," jelas Bebi dalam wawancara di Studio IV RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (25/6/2014) malam.

Menurut Bebi, Dhani tidak boleh menyebut lagu tersebut lagu cover version dari "We Will Rock You" jika liriknya sudah diubah atau diterjemahkannya.

"Mengubah, yang namanya mengubah lirik itu harus izin. Begitu juga dengan menerjemahkan lirik, itu kan sifatnya juga mengubah, mengubah bahasanya," jelas Bebi lagi.

Diceritakan oleh Bebi, pengalaman serupa pernah terjadi pada dirinya ketika lagu "Bukan Cinta Biasa", yang diciptanya diubah liriknya tanpa izin untuk keperluan iklan minuman ringan.

"Waktu itu dipakai jadi 'bukan cincau biasa'. Saya sebagai pemegang copy right lagu 'Bukan Cinta Biasa' ya marah kalau lagu saya diubah tanpa izin saya. Mestinya, ngobrol dulu. Kalau ngobrol, dapat izin, kan semuanya enak," cerita Bebi.

Menurut Bebi pula, bisa jadi juga Dhani tak sempat mengajukan izin untuk mengubah lirik "We Will Rock You".

"Belum kali, belum sampai izinnya (ke pihak Brian May). Karena, yang sudah-sudah, kalau Dhani ambil lagu, dia pasti bilang ini nyontek, kayak lagu 'Cinta Mati' itu. 'Udah izin belum?', 'Sudah Beb'," cerita Bebi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Apalagi lagu 'We Will Rock You' itu sangat merakyat di dunia, dan yang sudah-sudah Dhani selalu izin, dan Dhani itu suka banget sama Queen. Saya sampai kaget dia punya file lagu-lagu Queen yang belum di-mixing. Mungkin karena merasa ada kedekatan itu akhirnya Dhani buru-buru ngeluarin lagunya," kata Bebi lagi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.