JFlow Ajak Dukung Jokowi-JK lewat Lagu "Revolusi Mental"

Kompas.com - 02/07/2014, 13:13 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Ambil bagian dalam kampanye gembira dalam rangka pemenangan calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK), rapper JFlow mencipta lagu "Revolusi Mental", yang klip videonya sudah masuk YouTube. Untuk menyajikan lagu tersebut, ia dibantu oleh sejumlah penyanyi, yaitu Dira Sugandi, Indra Aziz, Anugrah Aditya, dan Ivan Saba, serta pemain bas yang bertugas sebagai aranjer, Barry Likumahuwa.

"Jadi, gue diundang Bapak Ronny Talapessy. Dia adalah seorang relawan pendukung Pak Jokowi. Dia mengundang gue dan Barry Likumahuwa untuk bikin sebuah program kampanye gembira. Di tengah makan siang itu gue bilang, 'Kenapa kita enggak bikin musik yang targetnya itu kelas menengah urban," kata JFlow ketika diwawancara oleh Kompas.com di sela konser Panggung Jalan2 Day 1, di halaman parkir bekas toko Aquarius Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/7/2014).

JFlow memilih musik urban untuk merangkul para calon pemilih dari kalangan menengah-atas kota. Menurut JFlow, itu tak lepas dari kedekatannya dan Barry dengan musik tersebut.

"Gue dengan Barry itu musiknya cocok untuk kelas menengah urban," kata JFlow lagi.

Setelah sepakat dengan Ronny, JFlow mencipta lagu "Revolusi Mental" di rumahnya.

"Terus, sampai rumah, gue kerjain take vocal-nya, terus gue e-mail ke Barry. Dari Barry, e-mail lagi ke gue, gitu aja terus-terusan. Besoknya, gue kerjain di studio," cerita JFlow.

JFlow mencipta lagu tersebut kurang dari 24 jam. Bahkan, ia menyebut proses kreatif itu bagai proyek Sangkuriang.

"Dari pas ngobrolin mau bikin lagu, sampai lagunya jadi, itu enggak sampai 24 jam. Ini benar-benar project Sangkuriang. Hari ini diomongin, besoknya langsung jadi," jelas JFlow.

Setelah lirik dan aransemen lagu tersebut selesai, JFlow lantas menggandeng sejumlah temannya yang tertarik untuk ikut membawakan lagu itu.

"Gue bilang ke Barry, 'Siapa yang bisa kita ajakin?' Dia bilang, 'Gue ajak Indra Azis', 'Oke kalau gitu gue ajak Dira, Ivan Saba, Anugerah Aditya, ajak ini, ajak itu. Pokoknya gue pengin yang bisa kasih jawaban sekarang juga. Jangan yang pake mikir-mikir dulu, atau gue kabarin lo besok. Gue mau yang jawabannya sekarang, kita butuh gerak cepat'," kisah JFlow lagi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.