Reza Rahadian Merasa Tak Punya Pilihan

Kompas.com - 03/09/2014, 21:13 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Reza Rahadian (27) merasa tak punya pilihan. Ia tidak bisa menolak tawaran memerankan tokoh utama dalam film layar lebar Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang disodorkan oleh sutradara Garin Nugroho (53) dan produser Christine Hakim (57).

"Saya enggak punya alasan buat enggak menerima project ini. Buat saya, ini (tim produksinya) dream team. Karena saya juga sudah lama (ingin bekerja sama), kalau tiap ketemu Mas Garin saya bilang, 'Ayo dong.' Terus, di sini juga ada Mbak Christine dan teman-teman yang lain," tutur Reza usai jumpa pers syukuran produksi film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Untuk menjawab tantangan itu, Pemeran Utama Pria Terbaik versi Festival Film Indonesia 2013 ini berusaha menyelami karakter Tjokroaminoto melalui berbagai sumber.

"Bukunya cukup banyak, ada beberapa artikel yang saya baca, dan ada yang mengenai timbre suaranya, sosoknya. Itu dasar yang harus saya ketahui untuk masuk ke dalam peran tokoh," tutur Reza.

"Reading yang cukup panjang waktunya membantu saya untuk masuk ke dalam tokoh ini, juga untuk pembentukan suara, pembawaan diri, dan lain-lain," sambungnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah berakting sebagai Habibie dalam film Habibie & Ainun pada 2013 ini menjanjikan sesuatu yang baru dengan memainkan karakter Tjokroaminoto.

"Saya akan memberikan sesuatu yang belum pernah saya berikan sebelumnya. Inilah HOS Tjokroaminoto versi saya berdasarkan sejarah bangsa," tekan Reza.

Shooting film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto dimulai September 2014 di kota-kota bersejarah, yakni Ambarawa, Semarang, dan Yogyakarta. Bagian-bagian dari kota-kota tersebut akan digunakan untuk menghidupkan kembali suasana Surabaya tempo dulu lengkap dengan trem dan mobil di masa itu. Dijadwalkan, film itu akan diluncurkan oleh Yayasan HOS Tjokroaminoto pada akhir 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.