Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Rahadian Merasa Tak Punya Pilihan

Kompas.com - 03/09/2014, 21:13 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Reza Rahadian (27) merasa tak punya pilihan. Ia tidak bisa menolak tawaran memerankan tokoh utama dalam film layar lebar Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang disodorkan oleh sutradara Garin Nugroho (53) dan produser Christine Hakim (57).

"Saya enggak punya alasan buat enggak menerima project ini. Buat saya, ini (tim produksinya) dream team. Karena saya juga sudah lama (ingin bekerja sama), kalau tiap ketemu Mas Garin saya bilang, 'Ayo dong.' Terus, di sini juga ada Mbak Christine dan teman-teman yang lain," tutur Reza usai jumpa pers syukuran produksi film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Untuk menjawab tantangan itu, Pemeran Utama Pria Terbaik versi Festival Film Indonesia 2013 ini berusaha menyelami karakter Tjokroaminoto melalui berbagai sumber.

"Bukunya cukup banyak, ada beberapa artikel yang saya baca, dan ada yang mengenai timbre suaranya, sosoknya. Itu dasar yang harus saya ketahui untuk masuk ke dalam peran tokoh," tutur Reza.

"Reading yang cukup panjang waktunya membantu saya untuk masuk ke dalam tokoh ini, juga untuk pembentukan suara, pembawaan diri, dan lain-lain," sambungnya.

Lebih lanjut, pria yang pernah berakting sebagai Habibie dalam film Habibie & Ainun pada 2013 ini menjanjikan sesuatu yang baru dengan memainkan karakter Tjokroaminoto.

"Saya akan memberikan sesuatu yang belum pernah saya berikan sebelumnya. Inilah HOS Tjokroaminoto versi saya berdasarkan sejarah bangsa," tekan Reza.

Shooting film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto dimulai September 2014 di kota-kota bersejarah, yakni Ambarawa, Semarang, dan Yogyakarta. Bagian-bagian dari kota-kota tersebut akan digunakan untuk menghidupkan kembali suasana Surabaya tempo dulu lengkap dengan trem dan mobil di masa itu. Dijadwalkan, film itu akan diluncurkan oleh Yayasan HOS Tjokroaminoto pada akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com