Balet Pun Dipadu dengan Lagu-lagu Chrisye

Kompas.com - 18/09/2014, 10:49 WIB
Gitaris Tohpati, sebagai bagian dari Trisum, tampil dalam acara JakJazz 2012 di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012). Acara JakJazz 2012 ini digelar pada 19-21 Oktober 2012 dan menampilkan para pemusik jazz kenamaan seperti Incognito, Idang Rasjidi, dan Mezzoforte. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAGitaris Tohpati, sebagai bagian dari Trisum, tampil dalam acara JakJazz 2012 di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2012). Acara JakJazz 2012 ini digelar pada 19-21 Oktober 2012 dan menampilkan para pemusik jazz kenamaan seperti Incognito, Idang Rasjidi, dan Mezzoforte.
EditorAti Kamil
TANGERANG, KOMPAS.com -- Lagu-lagu yang telah disajikan oleh legenda musik Indonesia Chrismansyah Rahadi atau Chrisye, yang meninggal dunia tujuh tahun lalu dalam usia 57 tahun, tidak lekang oleh waktu. Untuk mengenang Chrisye--sebagai vokalis yang membawakan lagu-lagu baik yang dicipta oleh artis-artis musik lain maupun oleh dirinya sendiri--akan diadakan pertunjukan balet Seberkas Cahaya - A Ballet Tribute to Chrisye di Gedung Kesenian Jakarta pada 27 dan 28 September 2014.

Pementasan itu akan memadukan balet dengan 15 lagu yang pernah dipopulerkan oleh Chrisye. Untuk pertunjukan tersebut, gitaris, pencipta lagu, dan arranger Tohpati Ario Hutomo (43) didaulat untuk menggarap kembali musik untuk lagu-lagu itu. Sementara itu, para pebaletnya berasal dari komunitas balet Balletomane.

Gagasan kreatif tersebut datang dari produser pementasan itu, Ella Meigita, yang juga pebalet.

"Balet dikolaborasi dengan musik pop Om Chrisye, diaransemen ulang oleh Tohpati. Biasanya balet identik dengan lagu klasik luar negeri, sekarang kita buat musik Indonesia, dengan lagu-lagu Chrisye," terang Ella di kediaman Tohpati, kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (16/9/2014).

"Saya basic-nya dunia balet dari tahun 1994, passion-nya pengin buat pertunjukan balet kayak Coppelia, cerita balet dari Rusia. Waktu diskusi sama Mas Tohpati, kayaknya agak sulit, soalnya itu kan klasik banget," cerita Ella, yang ditemani oleh Tohpati, dalam wawancara khusus dengan Kompas.com itu.

"Jadi, ganti konsep. Akhirnya kepikiran bikin Tribute to Chrisye. Lagunya Chrisye kan masih masuk ke tarian balet, apalagi diaransemen ulang (menjadi) semi-klasik, pasti masuk, bisa ditarikan. Akhirnya, minta tolong Mas Tohpati," lanjutnya.

Diakui oleh Tohpati, ia tidak mengenal dunia balet. Untuk menambah wawasannya mengenai balet, personel grup Trisum tersebut menyedot informasi lewat internet, terutama YouTube.

"Jadi, setelah ditelepon Ella, diminta tolong buatin musiknya, aku langsung search tuh balet tuh kayak apa. Yang aku tahu, balet tuh ada klasik, jazz, terus ada kontemporer. Ternyata, balet tuh bisa dimasuki musik apa aja, enggak harus klasik. Terus, usulkan Chrisye, oh pasti bagus, aku dulu kan dekat sama Chrisye," kisah Tohpati.

"Kalau dance kan ikutin iramanya, gerakannya tuh bener-bener kelihatan beat-nya. Kalau balet tuh lepas aja gitu, enggak terlalu ngikutin irama, tapi di ujungnya sama. Jadi, musikku harus nyesuain, enggak harus nge-beat. Misalnya, lagu 'Kala Cinta Menggoda' bukan versi Chrisye yang energik, tapi harus lebih mengalun," jelas Tohpati.

Tohpati menerangkan pula, lagu-lagu yang tadinya dinyanyikan oleh Chrisye akan disuguhkan sebagai lagu-lagu instrumental alias tanpa vokal. Namun, tegasnya, aransemen musik asli pada lagu-lagu tersebut tidak akan terlalu diubahnya. Ia tak ingin para penonton kehilangan jejak lagu-lagu itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X