Mira Lesmana: "Pendekar Tongkat Emas", Film Silat Pertama Sesudah Reformasi

Kompas.com - 12/10/2014, 20:40 WIB
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Produser film Mira Lesmana menyebut dengan bangga bahwa film Pendekar Tongkat Emas, yang diproduksi oleh Miles Films bersama KG (Kompas Gramedia) Studio, merupakan film silat pertama Indonesia yang akan diputar di gedung-gedung bioskop sesudah Reformasi. Setelah Saur Sepuh berjaya pada Zaman Orde Baru, hingga kini belum ada lagi film serupa yang diputar.

"Sejak Reformasi, belum ada lagi film silat yang diputar di bioskop. Ini akan menjadi film genre silat yang pertama pasca reformasi," ujar Mira dalam diskusi film Pendekar Tongkat Emas di Gedung Jakarta Post, Palmerah Barat, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Ide memproduksi film silat tersebut muncul dari kenangan masa kecil Mira.

"Jadi, inspirasinya ini (komik-komik silat). Pas tahun 1973, pas saya masih SD, sampai 1979 itu bacaan saya ini, sama adik saya (pemusik) Indra Lesmana," kenang Mira sambil mengenalkan foto-foto komik silat Indonesia yang dulu pernah dibacanya.

"Zaman itu banyak anak kecil enggak boleh baca komik silat karena mangandung kekerasan, tapi saya boleh baca sama orangtua saya. Jadi, rumah saya kumpulin semacam library kecil. Yang jadi favorit saya ini, Pengemis Kusta," sambungnya.

Mira mengaku sudah lama berencana memproduksi film silat. Namun, karena dihadang berbagai macam kesulitan, Mira terpaksa membekukan rencana tersebut.

"Dari inspirasi itu, 2006, saya coba bikin naskah silat. Tapi, saya kesulitan menulis cerita, karena cerita silat itu selalu berkembang," ungkap Mira.

Delapan tahun kemudian, Mira melanjutkan proyek itui setelah bertemu dengan sutradara Ifa Isfansyah.

"Akhirnya naskah itu dipinggirkan dulu sampai 2014 ini, sampai saya ketemu Ifa. Ini juga proyek film pertama saya dengan orang lain, selain biasanya bareng dengan (sutradara) Riri Riza," jelas Mira.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.