Memanggil Pendekar Turun Gunung...

Kompas.com - 21/10/2014, 07:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.com - Film silat pernah meramaikan layar bioskop di negeri ini dari masa ke masa. Akan tetapi, sekitar 20 tahun ini, para pendekar di dunia persilatan seperti sedang menyepi. Kini produser Mira Lesmana dan sutradara Ifa Ifansyah menyiapkan film silat ”Pendekar Tongkat Emas”.

Miles Films bekerja sama dengan Kompas Gramedia (KG) Studio bersiap meluncurkan film Pendekar Tongkat Emas ke bioskop pada Desember 2014. Film yang menelan biaya produksi hingga Rp 25 miliar ini menyuntikkan kreasi baru, juga teknologi terbaru, dalam film silat klasik di Indonesia.

Produser Mira Lesmana sudah bertahun-tahun menyimpan obsesi untuk membuat film silat. Keinginan ini berakar dari kegemaran membaca komik silat sejak kecil. Menurut Mira, pembaca komik silat tentu memahami, selalu ada ikatan cerita memikat dan filosofi dalam kisah silat klasik. Itulah yang ingin ia tuangkan dalam film.

”Buat yang enggak suka baca komik silat pun, cerita film silat pada dasarnya adalah kisah kepahlawanan yang seru,” ujar Mira.

Pada 2010, Mira memulai lagi langkah membuat film silat yang ia cita-citakan. Ia menciptakan karakter dan cerita sendiri. Butuh proses sekitar tiga tahun sampai akhirnya Pendekar Tongkat Emas dibuat.

Penyutradaraan diserahkan kepada Ifa Ifansyah yang juga tumbuh sebagai pembaca komik silat Indonesia. Mira pun menggandeng Jujur Prananto dan Seno Gumira Ajidarma untuk menulis skenario. Penulisan skenario membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun.

Untuk mendapatkan gerakan silat yang bisa ”dipertanggungjawabkan” alias bukan ngawur, Miles perlu melibatkan penata gerak kungfu. Miles memilih Xinxin Xiong, penata koreografi laga dari Hongkong yang menjadi pemeran pengganti aktor Jet Li.

Xinxin tidak saja mengarahkan laga saat pengambilan gambar dan menyiapkan tim pemeran pengganti. Ia juga melatih para aktor agar memiliki kemampuan berlaga seperti dituntut film ini.

”Selama tujuh bulan sebelum pengambilan gambar, para pemain berlatih mempersiapkan kondisi fisik. Mereka juga berlatih gerakan silat. Latihan ini mulai dari seminggu tiga kali sampai setiap hari dari pagi hingga malam. Baru setelah itu shooting tiga bulan. Para aktor ini benar-benar menunjukkan dedikasi yang besar,” kata Mira.

Pendekar Tongkat Emas melibatkan sederet aktor, yaitu Reza Rahadian, Nicholas Saputra, Tara Basro, Eva Celia, dan Christine Hakim. Selain itu, Prisia Nasution, Darius Sinathrya, Slamet Rahardjo, dan Landung Simatupang ikut pula mendukung. Para pemeran lainnya merupakan warga Sumba, Nusa Tenggara Timur, yang menjadi lokasi pengambilan gambar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber KOMPAS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.