Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menimbang Lagu Garap Ulang

Kompas.com - 01/02/2015, 18:52 WIB
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Tren lagu-lagu garap ulang terus bermunculan sejak lima tahun terakhir dan mendapat tempat di radio. Bukan sekadar memfotokopi, penggarap juga mempertaruhkan kreativitas untuk menghasilkan karya bercita rasa baru dan berbeda dari versi aslinya.

Memasuki tahun 2015, belantika musik Tanah Air disuguhi lagu-lagu garap ulang, lagu yang pernah populer dan digarap kembali oleh penyanyi lain. Tersebutlah antara lain lagu "Mantan Terindah" yang dibawakan Raisa dalam album Heart to Heart (2013) adalah lagu gubahan Yovie Widianto yang dipopulerkan grup Kahitna lewat album Lebih dari Sekedar Cantik (2010). Cukup dekat jarak popularitas kedua versi lagu tersebut.

Pada pertengahan Desember 2014, Andien merilis album Let It Be My Way yang antara lain memuat lagu "Astaga", "Satu yang Tak Bisa Lepas", dan "JAP" yang semuanya pernah populer. "Astaga" populer pada 1987 lewat suara Ruth Sahanaya. Lagu "Satu yang Tak Bisa Lepas" adalah lagu dari Reza Artamevia tahun 1997. Sementara "JAP" singkatan dari "Jadikan Aku Pacarmu" adalah lagu milik Sheila On 7 (1999). Andien di album Kirana (2010) juga membawakan lagu "Gemilang" milik Krakatau (1986).

Deretan lagu garap ulang lain adalah "1000 Tahun Lamanya" dari Tulus, "Untuk Dikenang" (Endah n Rhesa) "Setia" (Mike Mohede), "Malaikat Juga Tahu" dari Glenn Fredly , "Kosong" Olla Zen, "Benci untuk Mencinta" (Endank Soekamti), "Tentang Kita" (RAN), "Aku Lelakimu" (Virzha), "Tak Bisa Memiliki" (Serena Onasis), "Kaulah Segalanya" dan "Kau Seputih Melati" (Sammy Simorangkir), "Seberapa Pantas" (GAC), "Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki" (Marcello).

Barisan lagu tersebut merupakan lagu garap ulang yang masuk kategori sering diminta diputar di radio oleh pendengar. Beberapa lagu yang digarap ulang tersebut adalah lagu-lagu yang masuk dalam album Meets The Stars milik Pongki Barata. Ada juga lagu yang digarap ulang sebagai lagu tema film dan lagu di album tribute seperti "Tentang Kita" milik Kla Project yang dibawakan RAN.

Dari sekian banyak lagu garap ulang ada beberapa lagu yang mencuri telinga pendengar.

"Tulus, Raisa, dan Andien juaranya. Sampai sekarang masih lumayan (banyak) yang request," ujar Music Director Radio Mustang Gilang AR, Senin (26/1/2015), di Jakarta.

Sosok Andien dan Raisa yang saat ini tengah naik daun, menurut Gilang, sangat berpengaruh pada respons pendengar. Ditambah musik yang diaransemen Yovie Widianto, lagu yang digarap ulang mereka pun menjadi amunisi ampuh untuk menggedor telinga pendengar.

"Kalau Tulus, musik dan suaranya memang keren," kata Gilang.

Bukan sampah
Gilang mengatakan, penyanyi-penyanyi yang saat ini tengah naik daun memiliki peluang untuk diterima pendengar apabila mereka menyanyikan lagu garap ulang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+