Christine Hakim Utamakan Sehat daripada Awet Muda

Kompas.com - 01/04/2015, 10:01 WIB
Christine Hakim hadir dalam jumpa pers syukuran film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang diproduserinya, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAChristine Hakim hadir dalam jumpa pers syukuran film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang diproduserinya, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi artis peran senior Indonesia, Christine Hakim, menjaga kesehatan lebih penting daripada berpikir untuk menjadi awet muda.

"Saya tidak pernah berpikir untuk awet muda, yang penting bagaimana menjaga kesehatan," tuturnya dalam wawancara sebelum jumpa pers film Guru Bangsa Tjokroaminoto yang dibintanginya, di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/3/2015).

Di usianya yang ke-58, bintang film Tjoet Nja' Dhien (1988) tersebut masih aktif dan bersemangat dalam menjalani kariernya di dunia perfilman. Ia mengaku telah menjaga kondisi kesehatan sedari kecil. "Aku mulai dari kecil dan sangat beruntung punya orangtua yang mewajibkan anaknya menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Saya suka berenang, berkuda, dan senam," kata Christine.

Meminum jus sayuran dan buah, lanjut Christine, juga merupakan salah satu strateginya dalam menjaga kondisi kesehatan. "Masyarakat Indonesia itu kaya akan sayuran. Saya banyak minum jus sayur dan buah. Segala macam sayur, saya kadang campur dengan jeruk nipis dan madu, dan kadang buah tergantung selera. Seminggu lima kali saya konsumsi jus karena manfaatnya bagi kesehatan luar biasa," tuturnya.

Christine menganjurkan mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun untuk lebih disiplin menjaga kesehatan. "Harus lebih disiplin karena di usia 40 tahun akan timbul gejala penyakit, harus ada penyesuaian dengan usia kita. Apalagi usia diatas 50 tahun harus pikir kehidupan masa depan karena dekat dengan ketentuan dari Tuhan," tekannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X