Rizal Mantovani: Ada Pesan Moral dalam Kisah Wewe Gombel

Kompas.com - 14/04/2015, 16:34 WIB
Rizal Mantovani diabadikan sesudah pemutaran film horor barunya, Wewe, khusus untuk para wartawan, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRizal Mantovani diabadikan sesudah pemutaran film horor barunya, Wewe, khusus untuk para wartawan, di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara film Rizal Mantovani (47) mengaku tak sembarang memilih sosok hantu wewe gombel untuk film horor barunya, Wewe. Menurut Rizal, wewe gombel bukan hanya menakutkan, melainkan ada pesan moral di balik cerita tentangnya.

"Saya baru keinget kalau ada mitologi Indonesia yaitu wewe gombel. Dia, dikisahkan, nenek-nenek yang mengambil anak-anak yang tidak diperhatikan orangtua. Jadi, itu, message-nya," kata Rizal dalam wawancara sesudah pemutaran film Wewe khusus untuk para wartawan, Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2015).

Melalui film itu, Rizal ingin memberi semacam peringatan kepada para orangtua bahwa konflik mereka bisa berdampak besar bagi anak-anak mereka. Ketika wewe gombel menculik Aruna (6) dalam film tersebut, Rizal mengasumsikan bahwa anak-anak yang tidak diberi perhatian bisa saja "hilang" secara mental.

"Simboliknya, kalau anak broken home-nya parah, dia akan susah mentalnya kembali lagi," terangnya.

Menurut sutradara film-film horor Jelangkung dan trilogi Kuntilanak ini, kisah wewe gombel terakhir kali difilmkan pada 1970-an. Sejak itu, tak ada lagi sineas yang mengangkat Si Neneng dari Bukit Gombel, Semarang, Jawa Tengah, tersebut.

"Jadi, sekarang perlu diperkenalkan kembali. Lagian, sudah lama saya tidak bikin film horor. Jadi, ada keseruan tersendiri," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.