Raisa Merasa Beruntung Pernah Ditolak Produser

Kompas.com - 20/04/2015, 22:23 WIB
Raisa diabadikan usai menggelar konferensi pers film pendeknya yang berjudul Cahaya Cantik Raisa produksi Ponds, di XXI Plaza Senayan, Senin (20/4/2015). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGRaisa diabadikan usai menggelar konferensi pers film pendeknya yang berjudul Cahaya Cantik Raisa produksi Ponds, di XXI Plaza Senayan, Senin (20/4/2015).
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kesuksesan artis musik Raisa (24) saat ini tidak diperoleh dengan cara yang mudah. Meski memiliki suara merdu dan paras cantik, perempuan bernama lengkap Raisa Andriana ini pernah beberapa kali ditolak produser. Dalam wawancara di Plaza Senayan, Senin (20/4/2015), Raisa menuturkan pengalamannya itu.

"Aku awal-awal itu nawar-nawarin lagu ke produser. Sempat mengalami penolakan. Begitu ditolak, sedih. Saat itu semua penolakan itu menyakitkan ya. Tapi sekarang mikir, untung pernah ditolak," ucapnya tersenyum.

Pelantun "Serba Salah" ini mengatakan, setelah mencapai sukses seperti sekarang, terkadang ada waktunya ia merenung memikirkan perjuangannya ketika awal berkarier di industri musik. Raisa akhirnya paham ada hikmah di balik penolakan yang ia terima kala itu.

"Semua penolakan itu ternyata aku pikir ada fungsinya buat aku sekarang. Kadang-kadang mikir, coba kalau waktu itu diterima mungkin aku enggak seperti sekarang," tuturnya.v

Akibat sering ditolak produser dan label rekaman, dia akhirnya memutuskan untuk memproduksi album sendiri secara independen. Promosinya pun dilakukan secara mandiri dengan bantuan rekan-rekannya. Bahkan, saat membuat album perdanannya, Raisa dan manajernya kala itu sampai melipat sampul CD-nya yang terbuat dari kertas karton dengan penggaris.

"Ditolak, ya udah aku cari cara sendiri gimana bisa nyanyi terus. Sampai akhirnya aku reguleran di kafe, wedding, ultah. Sampai bikin lagu sendiri. CD dibikin sendiri, kasih sendiri ke media. Dulu aku lipet-lipet tempat CD pakai penggaris sama manajer aku. Lucu aja kalau diinget-inget," kenangnya lalu tertawa.

"Yang pasti semua penolakan itu enggak bikin aku sampai putus asa. Diambil positifnya aja," imbuh Raisa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.