Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan hingga Pantai, Sumber Inspirasi Nugie dalam Bermusik

Kompas.com - 21/06/2015, 14:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Agustinus Gusti Nugroho alias Nugie (43) mengaku perannya sebagai Duta Lingkungan Hidup sejak 2005 memberi banyak manfaat bagi kegiatan bermusiknya.

"Benefit buat saya, saya dapat banyak inspirasi. Saya butuh alam inspirasi yang masih natural dan itu saya dapatkan dari kegiatan-kegiatan lingkungan hidup," ucap Nugie kepada para wartawan sesudah acara Pelepasan 1.000 Balon 'Share Your Dreams' Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2015).

Nugie mengatakan, banyak ide bermusik yang diperolehnya dari kegiatan menjelajah hutan, mengunjungi daerah pesisir, traveling ke Timur Indonesia, dan kegiatan-kegiatan lingkungan hidup lainnya. Ide tidak didapatnya ketika bergelut dengan kemacetan di Jakarta.

"Udah pasti mampet (di Jakarta). Tapi, kalau jalan-jalan untuk kegiatan bertema lingkungan, menurut saya itu sangat inspiratif," kata pelantun "Lentera Jiwa" ini.

Karena itulah, banyak lagu karyanya bertema lingkungan hidup. Salah satunya, "Mulailah dari Diri Sendiri", yang ia cipta pada 2009. Lagu tersebut sekarang akan dibuatkan klip video oleh WWF Indonesia, untuk kegiatan kampanye "Beli yang Baik".

"Sekarang dibikinkan video clip untuk salah satu kampanye WWF tentang membeli yang baik. Sebentar lagi selesai. Di-support oleh rekan-rekan suporter WWF Indonesia, mulai dari Jamaica Cafe, Davina, Nadine, temen-temen The Dance Company (TDC) ada di sana, istri-istri kami (TDC) ikut, he he he," tutur Nugie, yang juga personel band The Dance Company.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com