Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Jadi Pemain Drum Bragi, Echa Berbisnis "Streaming" Musik

Kompas.com - 10/07/2015, 10:53 WIB
Thalia Shelyndra Wendranirsa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Ario Bimo atau Echa, yang pernah dikenal sebagai pemain drum Bragi, sudah lama tidak terdengar dalam industri musik Indonesia. Telah berhenti menjadi pemain drum grup tersebut, Echa kini kembali ke industri musik sebagai pengusaha.

"Dari keluarga memang sudah darahnya juga. Saya sebelumnya juga di Bragi sudah berhenti, berapa lama ya, terakhir itu 2004 atau 2005. Sudah sepuluh tahun enggak fokus di musik lagi, ke mana-mana, akhirnya balik lagi ke musik. Ini passion saya juga," ujar Echa ketika diwawancara oleh Kompas.com dalam pengenalan bisnis barunya, Volup Musik Indonesia, di Restoran Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu(8/7/2015).

Usaha baru Echa, Volup, yang berarti kenikmatan, merupakan bisnis streaming musik (menayangkan musik lewat internet) secara legal. Usaha tersebut dirintisnya sejak 2012.

"Awalnya, tahun 2012 itu, sebagian dari kami (rekan kerja) memang dari keluarga industri rekaman, kan. Kami ngumpul, saya sama Rendi (Rendi Krisna, saudara kandung Echa), sama Bobby, anak Pak Hadi dari HP Record, bikin sesuatu. Bolak balik tuh kami brainstorm, akhirnya setengah tahun kemarin kami pastiin aja, kami mau bikin streaming musik," terang Echa, yang menjadi pendiri dan CEO Volup.

Volup memiliki sejumlah fasilitas, antara lain non-stop radio, mendengarkan lagu secara mudah dan legal, serta menemukan berita-berita yang berkait dengan dunia musik. Sejauh ini, Volup sudah bisa digunakan di perangkat Android.

Untuk bisnisnya tersebut, Echa juga menggandeng sejumlah rekan usaha, yaitu putri dari pemusik jazz Ireng Maulana, Esther Maulana; putra dari Tetty Kadi, Simhala Avadana (personel band Numata); dan Pongki Barata.

Echa berharap, dengan usahanya itu ia bisa berkontribusi dalam industri musik, khususnya musik dalam bentuk digital.

"Tapi, paling inti, kenapa sih kami mau kasih service ini, karena Volup ini kami bikin untuk memberikan kenikmatan bukan hanya kepada pecinta musik atau pendengar, tapi juga pada para pelakunya," tutur suami mantan artis peran Dominique Sanda ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com