Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan "Membiasakan Cinta", Vidi Aldiano Ingin Hentikan Diskriminasi

Kompas.com - 14/08/2015, 09:00 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Menjadi salah satu duta Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS), vokalis bersuara merdu Vidi Aldiano mengajak masyarakat untuk menghentikan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS atau Odha. Salah satu cara yang ditempuhnya adalah dengan mencipta dan menyanyikan lagu berjudul "Membiasakan Cinta".

"Saya sebenarnya sudah ikut kegiatan di yayasan ini sejak setahun yang lalu. Kebetulan karena saya juga adalah seorang penyanyi, cara saya untuk mengajak orang menghentikan diskriminasi terhadap pengidap HIV/AIDS adalah dengan menciptakan dan menyanyikan lagu berjudul 'Membiasakan Cinta' yang saya rilis 1 Desember 2014 lalu, tepat di hari AIDS sedunia," kata Vidi usai jumpa pers #JakartaSadar yang digelar oleh Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS) di Hotel Menara Peninsula, Tomang, Jakarta Barat, Kamis (13/8/2015).

Menurut Vidi, lagu tersebut berisi pesan untuk membiasakan cinta kepada sesama manusia. "Ya lagu itu konten atau message-nya adalah membiasakan cinta kepada sesama manusia, tak peduli agamanya apa, sukunya apa rasnya apa, warna kulitnya apa, dan juga penyakitnya apa, termasuk di situ adalah orang-orang yang terkena HIV/AIDS," tuturnya.

"Jadi, lewat lagu itu saya mengajak semuanya untuk stop diskriminasi terhadap para pengidap HIV/AIDS," imbuh Vidi.

Pengalaman bersekolah di luar negeri dan memiliki teman yang mengidap HIV/AIDS juga membuat Vidi semakin termotivasi untuk mengajak masyarakat memahami tentang penyakit tersebut dan menghentikan diskriminasi kepada para penderitanya.

"Dulu saya kuliah di luar negeri dan punya teman yang mengidap HIV/AIDS. Di sana tuh keadaannya beda, enggak ada diskriminasi terhadap mereka, ya berteman seperti biasa dan menurut saya itu enggak terjadi di kampung halaman saya di Indonesia," ujarnya.

"Jadi, saya pengin mengajak semua masyarakat di Indonesia untuk stop diskriminasi ke mereka," tekannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com