Maia Estianty: 70 tahun Indonesia Belum Semaju Negara Tetangga

Kompas.com - 17/08/2015, 19:42 WIB
Maia Estianty diabadikan setelah jumpa pers syukuran produksi film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang dibintanginya, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAMaia Estianty diabadikan setelah jumpa pers syukuran produksi film Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto, yang dibintanginya, di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Republik Indonesia baru saja merayakan kemerdekaannya yang ke-70. Artis musik Maia Estianty mengatakan bahwa Indonesia di usianya yang saat ini seperti jalan di tempat.

"(Usia) 70 tahun saya pikir Indonesia belum semaju negara tetangga ya. Negara tetangga tuh pernah mengikuti negara kita sebagai role model-nya gitu. Kemudian kita kebalap pembangunannya," kata Maia saat dijumpai di Studio 1 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat baru-baru ini.

Maia menilai permasalahan yang dihadapi negara ini masih seputar sistem yang belum teratur dan bersih. "Banyak hal yang terjadi di negara ini, dengan banyak korupsinya, dengan belum bersihnya sistem pemerintahan di Indonesia, sistem ya, belum bener-bener beres. Jadi ya 70 tahun sudah terlalu tua untuk maju tapi kita belum maju-maju gitu lho," ujarnya.

Maia teringat prinsip kakek buyutnya, Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto dalam membela negara ini. "Kita harus berani, berani berdiri di kaki sendiri. Tidak terjajah oleh siapapun. Dulu kan musuhnya jelas, Belanda, kalau sekarang kan musuhnya, kita kan berantem sama orang-orang, partai sama partai saling berantem, saling memperebutkan. Bangsa asing mau menguasai kekayaan kita, kita malah enggak fokus di situ," tutur ibunda Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani tersebut.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X