J Mono "Neurotic": Keragaman Menjadi Tantangan

Kompas.com - 09/09/2015, 22:59 WIB
Artis musik Jonathan Mono dari grup band Neurotic diabadikan usai wawancara di fX Mall, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015). KOMPAS.com/Yulianus FebriarkoArtis musik Jonathan Mono dari grup band Neurotic diabadikan usai wawancara di fX Mall, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2015).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis band Neurotic, Jonathan Mono atau J Mono "Neurotic" menilai keragaman musik di Indonesia saat ini bisa menjadi pemicu bagi kebangkitan industri musik Tanah Air.

"Industri musik di Indonesia bisa dibilang saat ini beragam dengan banyaknya band atau musisi dari berbagai genre yang mencoba mengenalkan musik dengan cara mereka sendiri. Masing-masing punya cara mereka sendiri untuk mengenalkan caranya jadi belum ada blueprint atau pakem tertentu," kata Mono dalam wawancara di fX Mall, Sudirman, Rabu (9/9/2015).

Dengan keragaman jenis musik tersebut, lanjut Mono, artis-artis musik Indonesia akan menjadi lebih kreatif dalam berkarya. "Kalau konteksnya industri musik, mungkin industri musik di Indonesia bisa lebih hidup dengan keragaman ini. Artinya setiap musisi dituntut untuk berkarya dan berpikir kreatif. Nah, nanti imbasnya bisa menghidupkan apa yang disebut industri ini," tuturnya.

"Esensinya ya keragaman itu," imbuh Mono.

Kendati demikian, kemajuan hanya akan tercipta jika para artis musik terus berkarya dan bekerja keras demi mengenalkan dan memasarkan karya-karyanya. "Semua enggak bisa ngejamin sih kalau tiap musisi bakal berhasil. Tapi, dengan keragaman itu justru menjadi tantangan bagi para musisi sendiri untuk bisa berkarya dan bagaimana cara mereka mengenalkan karya mereka," ujar Mono.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.