Kafin "DARR 2" Lebih Bebas dengan Jazz

Kompas.com - 01/10/2015, 21:34 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seorang anak didik komposer Erwin Gutawa dalam program Di Atas Rata Rata generasi kedua (DARR 2), Kafin (11), mengaku bahwa musik jazz dapat membuatnya lebih bebas berekspresi. Terutama untuk berakrobat vokal atau sketch.

"Asyikan jazz, karena di genre jazz saya bisa sketching (berimprovisasi meniru bunyi-bunyian alat musik dengan mulut). Saya bebas improve di genre ini," kata Kafin saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Kendati masih belia, Kafin punya selera musik yang cukup berat. Ia bahkan mengidolakan musisi-musisi jazz kenamaan era 1970-an, yakni vokalis legendaris asal AS, Al Jarreau yang terkenal dengan akrobat vokalnya dan musisi jazz George Benson.

"Guru piano saya yang ngenalin (dengan musik jazz). Saya sempat pindah les. Dari situ dikenalin jazz. Makanya karena itu vokal saya juga jadi beralih ke genre jazz. Tadinya pop," tuturnya.

Kafin yang dalam album DARR 2 menyanyikan lagu "Tangga Nada", mengaku setia dengan musik jazz. "Saya sih udah mencoba genre lain. Tapi turunan jazz juga kayak fusion, blues," ucap Kafin yang meski usianya 11 tahun namun sudah duduk di bangku SMA.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.