Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Akustik John Lennon Terjual 2,4 Juta Dollar AS

Kompas.com - 10/11/2015, 20:55 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Sebuah gitar milik mendiang John Lennon terjual 2,4 juta dollar AS dalam sebuah lelang di Julien's Auctions, Los Angeles, California, AS. Gitar akustik merk Gibson J-1160E keluaran 1962 tersebut sebelumnya pernah hilang.

Lennon dan rekan sebandnya dalam The Beatles, George Harrison, membeli sepasang gitar yang sama di Liverpool, Inggris, pada 1962. Salah satunya adalah gitar yang terjual dalam lelang itu.

Lennon kemudian menggunakan gitar tersebut untuk merekam lagu-lagu awal The Beatles. Lagu-lagu itu, antara lain, "I Want to Hold Your Hand", "Love Me Do", dan "P.S. I Love You".

Gitar itu lalu dilaporkan hilang usai The Beatles menggelar konser di London pada 1963. Itu berarti gitar tersebut tidak diketahui keberadaannya selama lebih dari 50 tahun.

Akhirnya, seorang pria membaca tulisan pada sebuah majalah mengenai gitar Harrison yang memiliki kesamaan dengan gitar yang dimilikinya.

Menurut rumah lelang itu, seorang ahli telah mengonfirmasi bahwa gitar milik pria tersebut adalah gitar milik Lennon yang hilang. Hal itu diketahui berdasarkan nomor seri serta tanda pada gitar itu.

Selain gitar milik Lennon, sebuah drumhead milik The Beatles juga terjual 2,05 juta dollar AS dalam lelang tersebut. Drumhead itu digunakan oleh The Beatles pada penampilan bersejarah mereka dalam acara televisi The Ed Sullivan Show.

Kacamata Lennon dan grand piano mendiang Elvis Presley juga dilelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com