Iwan Fals: Lo Ganggu Indonesia, Gue Lawan Lo!

Kompas.com - 20/11/2015, 11:32 WIB
Iwan Fals diwawancara oleh Kompas.com sesudah jumpa pers konser Untukmu Indonesia di Jakarta Golf Club, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (12/11/2015). KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESIwan Fals diwawancara oleh Kompas.com sesudah jumpa pers konser Untukmu Indonesia di Jakarta Golf Club, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (12/11/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA,KOMPAS.com -- Vokalis dan pencipta lagu Iwan Fals (54) menyatakan tidak akan tinggal diam jika ada pihak-pihak yang mengganggu Indonesia.

Kecintaannya kepada bangsa dan negaranya itu juga dituangkannya ke dalam salah satu lagu barunya.

"Syair saya, tentang Indonesia. Lagu baru saya tentang kecintaan saya dengan Indonesia. Lo ganggu Indonesia, gue lawan lo! Itu tafsir saya tentang Indonesia," kata Iwan dalam wawancara khusus oleh Kompas.com di Jakarta pada 12 November 2015.

Lagu baru itu akan dibawakan oleh Iwan dalam konser besarnya, Untukmu Indonesia, pada Sabtu (21/11/2015) sore hingga malam di Istora Senayan, Jakarta.

Judul lagu itu pun baru akan diumumkan oleh Iwan dalam konser bertiket dari Rp 400 ribu hingga Rp 1 juta per lembar tersebut.

Bagi Iwan, menyajikan lagu bertema cinta Indonesia, termasuk yang liriknya mengkritik apa yang terjadi di negeri ini, merupakan cara utamanya untuk menyuarakan sikapnya.

"Saya enggak mau negeri yang saya cinta ini rusak cuman gara-gara orang brengsek. Ya, cara saya ya gini, nyanyi," paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bahwa musik kan jalan yang saya pilih, hidup saya di musik, apa anehnya. Saya harus main musik. (Kalau tidak) kayak ikan enggak kena air aja," tekannya.

Kompas Video Wawancara dengan Iwan Fals - bagian 1
Kompas Video Wawancara dengan Iwan Fals - bagian 2
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.