ID BlackBerry-nya Diretas, Tessa Kaunang Waswas

Kompas.com - 24/11/2015, 16:41 WIB
Artis peran Tessa Kaunang mengadakan jumpa pers di kediamannya di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015). KOMPAS.com/Yulianus FebriarkoArtis peran Tessa Kaunang mengadakan jumpa pers di kediamannya di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).
|
EditorAti Kamil
JAKARTA, KOMPAS.com — Artis peran Tessa Kaunang (39) mengatakan bahwa ID BlackBerry (BB)-nya diretas oleh pihak tak dikenal sehingga ia kehilangan daftar kontak yang ada pada BB-nya.

Peretasan itu, menurut Tessa, terjadi pada Sabtu (21/11/2015) malam, berawal saat ia membuka link pada broadcast message yang masuk ke BlackBerry Messenger (BBM)-nya. Link itu harus dibuka dengan memasukkan ID dan password BB.

"Dengan lugunya saya masukkan, tetapi enggak bisa kebuka. Saya tutup lagi, beberapa saat kemudian saya lihat BB saya lagi, semua datanya udah kesedot dan mesti masukkin BB ID lagi," kisahnya ketika mengadakan jumpa pers di kediamannya di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).

"Enggak tahunya, ID saya udah dipakai oleh orang lain dengan e-mail baru. Jadi, ID saya itu sudah digunakan orang lain," sambungnya.

"Saya juga lupa link tadi itu dari siapa karena mau ngecek udah enggak bisa," kisahnya lagi.

Tessa mengaku waswas karena takut orang yang mencuri ID BB-nya menyalahgunakannya.

"PIN saya kan udah pindah ke orang itu. Saya takutnya teman-teman saya dihubungi oleh orang itu dan ditipu atas nama saya. Kan nama saya juga nanti yang kena," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Makanya, saya memberi tahu kalau nanti misalnya ada yang menghubungi teman-teman saya dengan PIN itu, dan mengatasnamakan saya. Itu bukan saya," tekannya.

Tessa pun sudah berusaha melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib.

"Saya sudah coba lapor, hanya saja kan itu belum bisa ditangani atau benar-benar bisa disebut cyber crime jika belum ada yang dirugikan secara materiil. Baru saya saja yang dirugikan dengan hilangnya daftar kontak PIN BB teman-teman saya," kisahnya.

"Semoga enggak ada yang nantinya dirugikan lagi," tambahnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.