"Joey Alexander Ingin Berimprovisasi dan Menghiasi Lagu"

Kompas.com - 09/01/2016, 16:09 WIB
|
EditorIrfan Maullana


LOS ANGELES, KOMPAS.com --
Orangtua pianis jazz Joey Alexander, Denny Silas dan Fara Silas, mengungkapkan bahwa semenjak belajar piano untuk kali pertama di umur enam tahun, putranya selalu ingin berimprovisasi dalam memainkan sebuah lagu.

Hal itu mereka ungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Anderson Cooper pada acara 60 Minutes yang tayang pada Minggu (3/1/2016) waktu setempat.

"Joey ingin berimprovisasi dan menghiasi lagu yang ia mainkan dengan improvisasinya. Ia adalah anak yang sangat aktif dan penuh energi. Pada usianya yang menginjak enam tahun kami membawa sebuah keyboard ke rumah. Awalnya, kami ingin mengetahui apakah ia memiliki rasa musik atau tidak karena kami adalah keluarga yang musikal," tutur Denny.

Menurut Denny, awalnya tidak ada yang mengajari Joey memainkan piano dengan segala kemampuan imrpvisasi yang ia miliki saat ini.

"Dia hanya mendengarkan album-album dari Duke Ellington, Charlie Parker, dan Thelonious Monk milik saya dan memainkannya," tuturnya.

Meski begitu, orangtua Joey ternyata juga pernah menyewa seorang guru les piano untuk mengajari Joey. Ia diajari musik klasik, antara lain musik dari Chopin dan Tchaikovsky, tetapi nampaknya hal itu kurang berjalan dengan lancar.

"Hal itu kurang berjalan lancar karena Joey selalu ingin berimprovisasi dan menghiasi lagu yang ia mainkan dengan improvisasinya," ungkap Denny.

"Walau hanya sedikit improvisasi kala itu," timpal Fara.

Dengan hal itu, Denny merasakan bahwa Joey ingin bebas dalam mengekspresikan dirinya dalam bermusik.

"Ia ingin bebas bermain untuk mengekspresikan dirinya dan jazz memungkinkannya untuk hal itu," terangnya.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.