Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halle Berry: Hollywood Tidak Jujur

Kompas.com - 04/02/2016, 14:14 WIB
|
EditorAti Kamil

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Halle Berry mengungkapkan pendapatnya mengenai kontroversi Oscar 2016.

Dalam acara Makers Conference 2016, ia menyebut bahwa perasaannya terluka karena daftar nomine Oscar 2016 berpihak kepada mereka yang berkulit putih dalam industri film internasional.

Berry merupakan aktris berkulit hitam pertama, dan satu-satunya sampai sekarang, yang telah meraih piala Oscar untuk kategori pemeran wanita terbaik.

Ia menang pada 2001 berkat aktingnya dalam film Monster's Ball.

"Sejujurnya, menang Oscar hampir 15 tahun yang lalu merupakan sesuatu yang ikonik. Itu sangat penting bagi saya, tetapi kemudian saya menyadari bahwa hal itu lebih penting daripada saya," tutur Berry kepada agennya, Kevin Huvane.

"Ketika waktu itu saya berkata, 'Malam ini pintu telah terbuka,' saya percaya bahwa dengan setiap tulang pada tubuh saya hal ini akan membuat perubahan, karena pintu ini, batasan ini, telah didobrak," kata Berry kepada agennya, Kevin Huvane.

"Duduk di sini 15 tahun kemudian, dan mengetahui bahwa perempuan kulit hitam atau dari ras-ras lain (yang bukan kulit putih) tidak berjalan melalui pintu itu, hal tersebut merupakan  kenyataan yang melukai hati," sambungnya.

"Melukai hati, karena waktu itu saya pikir momen itu lebih penting daripada saya. Hati saya terluka untuk memulai berpikir bahwa mungkin momen itu tidak lebih penting daripada saya. Mungkin tidak. Dan, saya merasa seperti itu," katanya lagi.

Berry kemudian mengatakan bahwa masalah sebenarnya pada industri film Hollywood adalah ketidakjujuran.

"Ini benar-benar soal mengatakan kejujuran. Sebagai seorang artis peran dan pembuat film, kita memiliki tanggung jawab untuk mengatakan kebenaran," ucapnya.

"Dan, film-filmnya, menurut saya, yang datang dari Hollywood, tidaklah jujur. Alasannya adalah mereka tidak menggambarkan kepentingan dan keterlibatan dan partisipasi dari orang-orang kulit hitam atau ras-ras lain dalam budaya Amerika kita," ucapnya lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+