Sutradara: "Senyap", Film Indonesia Pertama yang Masuk Nominasi Oscar

Kompas.com - 24/02/2016, 12:00 WIB
Adi Rukun (kanan), adik seorang korban pembantaian massal 1965, diwawancara oleh reporter VOA, Vina Mubtadi. Dok VOAAdi Rukun (kanan), adik seorang korban pembantaian massal 1965, diwawancara oleh reporter VOA, Vina Mubtadi.
EditorAti Kamil
WASHINGTON DC, KOMPAS.com -- Dari puluhan film yang masuk nominasi Academy Awards 2016, ada sebuah film tentang Indonesia, yaitu The Look of Silence atau Senyap.

Film dokumenter itu memperlihatkan potret nyata kehidupan pasca pembantaian massal 1965 di Indonesia dari sudut pandang keluarga korban.

Adi Rukun, adik seorang korban, berusaha mencari tahu siapa pembunuh kakaknya.

"Kami ingin agar mereka mengakui dan bertanggung jawab atas apa yg mereka lakukan. Tapi, ternyata, sedikit pun mereka tidak pernah merasa menyesal, apalagi minta maaf. Mereka merasa apa yang mereka lakukan adalah sebuah kebenaran," ujar Adi dalam wawancara oleh VOA belum lama ini.

Film yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer itu meraih nominasi Oscar 2016 kategori film dokumenter terbaik.

"Kami sangat bangga, ini kehormatan besar bagi kami khususnya untuk kru Indonesia. Mereka adalah orang-orang yang mendedikasikan sepuluh tahun dari hidup mereka untuk mengerjakan The Act of Killing dan The Look of Silence, meskipun mereka tidak bisa mendapatkan pengakuan atas karya mereka sampai ada perubahan di Indonesia," tutur Joshua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.