Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Film Oscar 2016 Ini Terinspirasi Kisah Nyata

Kompas.com - 29/02/2016, 05:19 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Sepuluh film yang dinominasikan dalam Academy Awards 2016 ternyata dibuat berdasarkan atapun terinspirasi kisah nyata.

Beberapa film setia pada peristiwa yang sebenarnya, tetapi banyak menerjemahkan kisah nyata itu secara bebas bahkan ditambah dengan unsur fiksi yang kuat.

Berikut 10 film tersebut:

The Revenant
Film ini menuangkan peristiwa yang terjadi pada abad 19, tentang Hugh Glass. Hampir mati akibat serangan beruang dan kehilangan anak lelakinya, Glass berjuang untuk hidup dengan kemauan kuat untuk membalas dendam.

Film ini dinominasikan untuk 12 Oscar, termasuk Best Actor untuk Leonardo DiCaprio, film terbaik, dan sutradara terbaik untuk Alejandro Gonzalez Inarritu.

Cerita sebenarnya, Glass memang ditinggalkan sendirian oleh teman-temannya. Namun tidak ada catatan bahwa dia memiliki anak lelaki.

Bridge of Spies
Thriller tentang spionase karya Steven Spielberg ini dinominasikan untuk film terbaik dan lima kategori lainnya, termasuk best supporting actor untuk Mark Rylance.

Dengan setting pada masa Perang Dingin, film ini menceritakan pertukaran pilot pesawat mata-mata AS Francis Gary Power dan mahasiswa pascasarjana Frederic Pryor dengan mata-mata Soviet Rudolf Abel pada tahun 1962.

National Air and Space Museum di Washington DC menulis blog yang menyebut lima mitos yang ditampil film ini. Salah satunya adalah Powers disiksa.

"Saya tidak mengharapkan film dokumenter, tetapi sebagai seseorang yang tegas soal akurasi sejarah dan sangat akrab dengan peristiwa ini, film ini mengecewakan," kata Layne Karafantis, kurator museum tersebut.

The Big Short

Film The Big Short karya Adam McKay ini berdasarkan buku nonfiksi dengan judul sama tulisan Michael Lewis yang ditulis pada 2010. Film tentang masa sulit perekonomian Amerika pada tahun 2008.

Dibintangi Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling dan Brad Pitt, film ini mendapat lima nominasi Oscar, termasuk best picture dan best director.

New York Times menggambarkan film ini sebagai "peristiwa kejahatan sejati dan humor gila-gilaan".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com