Calo Tiket Java Jazz 2016 Berani Turun Harga, Asli?

Kompas.com - 05/03/2016, 00:07 WIB
|
EditorIrfan Maullana
JAKARTA, KOMPAS.com -- Java Jazz Festival kembali digelar tahun ini di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kehadiran calo tiket masih mewarnai penyelenggaraan festival jazz terbesar se-Asia Tenggara itu.

Dari depan pintu gerbang JIExpo, tampak kerumunan calo sibuk menjajakan tiket dengan harga yang menggiurkan.

Cukup Rp 200.000 saja untuk bisa menikmati penampilan para musisi di panggung JJF 2016 dengan tiket "Daily Pass" atau harian. Sementara harga aslinya Rp 650.000.

Bahkan semakin malam, harganya pun semakin murah.

"Saya kasih Rp 100.000 aja, pakai undangan. Saya antar masuk," tutur seorang calo tiket kepada Kompas.com di halaman JIExpo Kemayoran, Jumat (4/3/2016) malam.

Sang calo mengatakan, harga tiket yang ditawarkannya itu sudah sangat murah. Pasalnya, harga tiket yang mereka tawarkan akan naik pada hari kedua pagelaran Java Jazz, Sabtu (5/3/2016) besok.

"Besok sudah mahal, pasarannya jadi Rp 350.000," tuturnya lagi.

Sedangkan untuk tiket "3-Day Pass" dibanderol seharga Rp 800.000, lebih murah setengah dari harga aslinya Rp 1.700.000.

"Kalau buat tiga hari mah mahal. Sampai Rp 800 ribu," ucap calo itu lagi.

Tak cuma, menjual tiket dengan harga miring kepada pengunjung yang akan masuk ke area acara, para calo juga menawarkannya ke orang-orang yang pulang dari JJF.

"Tiket buat besok, daily... daily," seru para calo itu hampir bersamaan sambil menghampiri tiap orang yang berlalu lalang.

Sementara itu, dari pengeras suara di area Java Jazz terdengar pengumuman yang mengimbau agar pengunjung tak membeli tiket dari calo.

"Kami tidak menjamin keaslian tiketnya. Jangan beli tiket dari calo," ujar suara tersebut berkali-kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.