Setelah 35 Tahun, Garin Nugroho Serahkan Skenarionya kepada Perempuan Ini

Kompas.com - 26/04/2016, 19:02 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com — Sutradara dan penulis skenario Garin Nugroho mengaku sangat jarang memberikan skenario yang ia tulis untuk difilmkan oleh sutradara lain.

Namun, setelah 35 tahun berkarya dalam industri perfilman Tanah Air, Garin membuat langkah berbeda pada tahun ini. Garin menyerahkan ide ceritanya yang mengangkat kisah perempuan Pulau Sumba kepada sutradara Mouly Surya.

"Selama 35 tahun, tahun ini saya merencanakan banyak hal. Salah satunya adalah salah satu skenario atau gagasan film saya dibuat oleh sutradara yang termasuk sutradara favorit saya, yaitu Mouly Surya," ujarnya dalam konferensi pers Road to Cannes di auditorium Institut Francais Indonesia (IFI), Selasa (26/4/2016) sore.

Gagasan tersebut kemudian digubah oleh Mouly dan melahirkan sebuah bakal proyek film berjudul Marlina The Murderer in Four Acts.

Masih kata Garin, ia memilih Mouly yang pernah sukses dengan film Fiksi, untuk menggarap ide cerita Marlina, juga karena faktor jender.

"Film ini tentang perempuan. Film itu sangat keras juga. Karena itu, saya mencari perempuan yang manis, tetapi keras hatinya. Ketemulah Mouly ini. Memungkinkan tafsir yang luas," ucapnya.

Sutradara film Cinta dalam Sepotong Roti ini menambahkan bahwa cerita hidup Marlina terinspirasi dari kejadian nyata yang ia temui saat berkunjung ke Pulau Sumba pada 2004 lalu.

"Ada kejadian beberapa kali di depan mata saya di pasar, ada orang dendam, dia jalan aja ke pasar, lalu orang yang jualan dipotong lehernya, lalu dibawa kepalanya, dia menyerahkan diri ke kantor polisi. Bukan masalah kekerasannya, melainkan ada kultur tentang sifat ksatria. Menghukum sendiri. Cerita itulah yang menggagas film ini. Mouly menafsirkan itu semakin luas," tutur Garin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.