Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly: Aplikasi Unduh Musik Legal Angin Segar bagi Musisi

Kompas.com - 29/04/2016, 08:44 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi sekaligus pencipta lagu Glenn Fredly menilai positif munculnya aplikasi atau layanan unduh musik secara legal berbasis digital.

Menurut Glenn, kehadiran aplikasi tersebut memberi angin segar bagi pelaku industri musik di Tanah Air, terutama dalam hal distribusi karya musik.

"Ini bicara tentang pendistribuan dalam industri musik, dengan teknologi dan juga perubahan digital mempengaruhi segala macam ranah, sampai ke industri musik," kata Glenn saat menjadi pembicara pada peluncuran digital entertainment aplikasi Alfatainment di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (27/4/2016).

Penyanyi berdarah Maluku ini menilai, aplikasi tersebut bisa menjadi solusi untuk memberantas pembajakan karya musik secara digital yang semakin liar belakangan ini.

"Ini terobosan baru, pada saat mempertemukan kepentingan pasar dan musik dan musisinya. Eranya hari ini, musisi memposisikan diri sebagai label," ujar pria kelahiran Jakarta, 30 September 1975.

Selain bisa mengunduh musik secara legal, lanjut Glenn, para penikmat musik juga lebih intim dengan musisi idolanya karena aplikasi ini juga menyediakan konten video dan foto.

"Bisa men-dowload musik, video dan foto melalui aplikasi alfatainment ini. Untuk saat ini baru bisa melalui android belum ke server yang lain," kata pelantun "Kasih Putih".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com