Gitar Elvis Presley Laku Kira-kira Rp 4,5 M dalam Lelang

Kompas.com - 23/05/2016, 11:32 WIB
EditorAti Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Sebuah gitar, yang diberikan kepada Elvis Presley oleh sang ayah pada 1969, terjual dengan harga 334 ribu dollar AS atau kira-kira Rp 4,5 miliar dalam lelang di New York, AS.

Angka penjualan gitar mendiang Raja Rock n' Roll tersebut melampaui perkiraan balai lelang Julien untuk lelang di Hard Rock Cafe New York itu pada Sabtu lalu (21/5/2016) waktu setempat.

Balai lelang tersebut memasang harga di kisaran 200 ribu dollar AS sampai 300 ribu dollar AS.

Vernon Presley, ayah Elvis, memperbaiki gitar akustik Gibson Dove itu dengan menggunakan kayu hitam setelah anaknya tersebut meraih sabuk hitam dalam karate.

Dalam konser pada 1975 di Asheville, North Carolina, AS, Elvis memberi gitar itu kepada penggemarnya yang bernama Mike Harris, yang menyimpannya hingga saat ini.

Benda lain yang juga dilelang adalah piano pertama Elvis, yang terjual 140.025 dollar AS, lebih sedikit dari perkiraan antara 200 ribu dollar AS dan 300 ribu dollar AS.

Selain itu ada rompi Michael Jackson yang terjual 256 ribu dollar AS dan jaket neoprene vinil merah karya Dennis Tompkins dan Michael Bush untuk dikenakan Michael Jackson dalam tur dunia HIStory pada 1996-1997.

Jaket tersebut terjual dengan harga empat kali lebih banyak dari perkiraan pelelang da kisaran 40 ribu dollar AS hingga 60 ribu dollar AS.

Penawaran tertinggi tercatat 354,4 ribu dollar AS untuk lirik lagu Beatles "Being for the Benefit of Mr. Kite!" yang ditulis tangan oleh John Lennon.

Balai lelang Julien sebelumnya memperkirakan bisa menjualnya antara 300 ribu dollar AS dan 500 ribu dollar AS, demikian diberitakan oleh AFP. (Maryati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.