Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nowela Donasikan Keuntungan Album Perdana untuk Gerakan Indonesia Membaca

Kompas.com - 24/05/2016, 22:57 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014 Nowela bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk turut berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca.

Caranya, Nowela akan mendonasikan hasil penjualan album #1 yang baru ia luncurkan untuk gerakan tersebut.

"Saya bekerja sama dengan Kemendikbud untuk membantu Gerakan Indonesia Membaca. Keuntungan penjualan album didonasikan ke gerakan tersebut. Selain itu, saya bekerja sama pula dengan Kompas Gramedia terkait hal itu," tutur penyanyi berdarah Batak Papua itiu dalam peluncuran album perdananya di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Pemilik nama lengkap Nowela Elizabeth Mikheila Auparay itu mengisahkan bahwa ia sempat mengecap pendidikan di tanah Papua.

Berdasarkan data pada 2013, tingkat buta aksara di Indonesia mencapai 3,07 persen dengan Papua sebagai salah satu daerah dengan persentase tertinggi.

Melihat kenyataan yang ada serta fakta bahwa tingkat buta aksara di Papua masih cukup tinggi, Nowela berkeinginan untuk membantu dan berbagi pengalamannya pada anak-anak di sana.

Sebelum tergabung dalam Indonesian Idol 2014 pun dirinya pernah bergabung dalam sebuah aksi menyumbang buku untuk rumah baca di Papua.

Kini, sebagai figur publik, Nowela berkeinginan tak hanya membantu anak-anak di Papua, melainkan di seluruh Indonesia, dengan berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca tersebut.

"Kalau selama ini saya bisa bantu adik-adik di Papua, sekarang bisa lebih luas. Saya rasa, peluncuran album saya sangat tepat untuk sosialisasikan hal itu," ujarnya. (Regina Kunthi Rosary)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com