Nowela Donasikan Keuntungan Album Perdana untuk Gerakan Indonesia Membaca

Kompas.com - 24/05/2016, 22:57 WIB
Penyanyi jebolan ajang Indonesian Idol, Nowela, merilis album perdana yang bertajuk #1 di Hotel Artotel, Jalan Sunda, Thamrin, Selasa (24/5/2016). KOMPAS.com/TRI SUSANTO SETIAWANPenyanyi jebolan ajang Indonesian Idol, Nowela, merilis album perdana yang bertajuk #1 di Hotel Artotel, Jalan Sunda, Thamrin, Selasa (24/5/2016).
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014 Nowela bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk turut berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca.

Caranya, Nowela akan mendonasikan hasil penjualan album #1 yang baru ia luncurkan untuk gerakan tersebut.

"Saya bekerja sama dengan Kemendikbud untuk membantu Gerakan Indonesia Membaca. Keuntungan penjualan album didonasikan ke gerakan tersebut. Selain itu, saya bekerja sama pula dengan Kompas Gramedia terkait hal itu," tutur penyanyi berdarah Batak Papua itiu dalam peluncuran album perdananya di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Pemilik nama lengkap Nowela Elizabeth Mikheila Auparay itu mengisahkan bahwa ia sempat mengecap pendidikan di tanah Papua.

Berdasarkan data pada 2013, tingkat buta aksara di Indonesia mencapai 3,07 persen dengan Papua sebagai salah satu daerah dengan persentase tertinggi.

Melihat kenyataan yang ada serta fakta bahwa tingkat buta aksara di Papua masih cukup tinggi, Nowela berkeinginan untuk membantu dan berbagi pengalamannya pada anak-anak di sana.

Sebelum tergabung dalam Indonesian Idol 2014 pun dirinya pernah bergabung dalam sebuah aksi menyumbang buku untuk rumah baca di Papua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, sebagai figur publik, Nowela berkeinginan tak hanya membantu anak-anak di Papua, melainkan di seluruh Indonesia, dengan berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca tersebut.

"Kalau selama ini saya bisa bantu adik-adik di Papua, sekarang bisa lebih luas. Saya rasa, peluncuran album saya sangat tepat untuk sosialisasikan hal itu," ujarnya. (Regina Kunthi Rosary)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.