Adele Tekan Kontrak Senilai Rp 1,788 Triliun dengan Sony

Kompas.com - 25/05/2016, 15:24 WIB
EditorKistyarini

LONDON, KOMPAS.com - Penyanyi Inggris Adele menandatangani kontrak baru dengan Sony, seperti dilaporkan media Inggris, Selasa (24/5/2016).

Nilai kontraknya sebesar 131 juta dollar atau setara Rp 1,78 triliun. Ini merupakan salah satu kontrak dengan nilai terbesar dalam industri musik.

Biduan berusia 28 tahun itu menjadi artis dengan penghasilan terbesar dari penjualan album sepanjang tahun 2015. Album ketiganya, 25, dan dengan lagu andalan "Hello", memecahkan rekor penjualan musik.

Sepanjang karier menyanyinya, Adele bernaung di bawah label independen XL Recordings. .

Sumber yang dikutip The Guardian tidak menyebut jumlah album yang akan dibuat Adele dengan kontrak baru tersebut.  

Disebutkan bahwa "Sony mendapat hak untuk merilis musik Adele secara eksklusif ke seluruh dunia."

Nilai kontrak itu tidak jauh dengan kontrak multi-album senilai 100 juta dollar yang ditandatangani Whitney Houston dengan Arista Records pada tahun 2001. Saat ini nilai itu setara dengan 135 juta dollar (Rp 1,8 triliun). 

Adele dinobatkan sebagai perempuan penyanyi terkaya di Inggris versi Sunday Times Rich List.

Kekayaannya diperkirakan mencapai 85 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,7 triliun. Lonjakan yang besar dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni 35 juta poundsterling atau Rp 700 miliar.

Sementara itu The Sun melaporkan, Senin (23/5/2016), pihak Sony mengatakan, "Kami sudah mengamankan Adele, yang tidak diragukan lagi merupakan bintang musik terbesar generasi ini."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.