Zaskia Adya Mecca Mengenalkan Sejarah

Kompas.com - 03/06/2016, 19:28 WIB
Zaskia Adya Mecca di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (16/4/2016). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGZaskia Adya Mecca di Senayan City, Jakarta Selatan, Sabtu (16/4/2016).
EditorIrfan Maullana


JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Zaskia Adya Mecca (28) selalu menganggap semua hal yang berbau Indonesia akan lebih keren dibandingkan budaya barat. Untuk itulah bersama suaminya, sutradara Hanung Bramantyo, Zaskia ingin mengenalkan sejarah Indonesia kepada anak-anaknya, terutama lewat film.

"Saya dan Mas Hanung kalau mau kasih nama anak-anak enggak mau yang kebarat-baratan, nama Indonesia jauh lebih keren. Kadang-kadang ada yang merasa kalau budaya Barat keren, saya sampai mikir, wah kelamaan dijajah sih, kasihan banget kalau kayak gitu," ujar Zaskia yang hadir dalam jumpa pers My Baby Minyak Telon Plus, di Jakarta, Rabu (1/6).

Zaskia mengatakan, suaminya membuat film Kartini karena enggak mau anak-anak hanya mengenal sosok Kartini lewat lagu. "Anak-anak sih sering menyanyikan lagu 'Ibu Kita Kartini', dan ketika menyebut ibu, usianya 30-40 tahun, padahal Kartini berjuang dan meninggal umur 23 tahun, di usia muda. Kami ingin mengajarkan sejarah kepada anak-anak lewat media film," ujar ibu dari Kana Sybilla, Kala Madali, dan Bhai Kaba ini.

Seolah tak mau jauh dari anak-anaknya, Zaskia membawa bayinya, Bhai, ke mana-mana, bahkan sampai ke depan panggung. "Buat saya, me time itu, ya, bersama anak-anak. Ketika dekat dengan mereka, happy luar biasa. Banyak yang bilang, liburan saja berdua sama suami, aduh gimana ya, saya enggak bisa ninggalin anak-anak, apalagi mereka masih di bawah enam tahun semua," kata Zaskia. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 3 Juni 2016, di halaman 32 dengan judul "Mengenalkan Sejarah".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.