Saipul Jamil Segera Diperiksa KPK

Kompas.com - 16/06/2016, 16:03 WIB
Saipul Jamil hendak menghadapi persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (14/06/2016). Saipul Jamil dinyatakan terbukti bersalah atas kasus pencabulan anak di bawah umur dengan jenis kelamin yang sama dan divonis hukuman pidana penjara selama 3 tahun. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISaipul Jamil hendak menghadapi persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jakarta, Selasa (14/06/2016). Saipul Jamil dinyatakan terbukti bersalah atas kasus pencabulan anak di bawah umur dengan jenis kelamin yang sama dan divonis hukuman pidana penjara selama 3 tahun.
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil pedangdut Saipul Jamil (35) untuk diperiksa berkait dugaan suap panitera PN Jakarta Utara.

"Perlu koordinasi dulu dengan kejaksaan untuk menghadirkan dia guna pemeriksaan oleh penyidik KPK," ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2016).

Koordinasi itu diperlukan karena Saipul saat ini sudah berstatus terpidana kasus pencabulan anak dan sedang ditahan di Rutan Cipinang Klas 1, Jakarta Timur.

Pemeriksaan tersebut, lanjut Basaria, berkait fakta bahwa barang bukti uang Rp 250 juta yang diduga untuk menyuap panitera berasal dari Saipul.

"Nanti penetapan tersangkanya (Saipul Jamil) penyidik nanti akan melakukan pemeriksaan dulu. Statusnya kan sudah ditahan," katanya.

Sementara itu, empat orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, yakni SH (kakak Saipul), BN dan K (kuasa hukum Saipul), serta R selaku panitera muda PN Jakarta Utara, sedang ditahan.

"Mereka masih di sini, masih dalam pemeriksaan. Sesuai KUHAP, kami lakukan penahanan 20 hari dulu. Kalau masih belum selesai dan dirasa perlu perpanjangan, ya diperpanjang," kata Basaria.

Diberitakan sebelumnya, dua kuasa hukum Saipul Jamil, BN dan R, serta kakak kandungnya, SH, bersama panitera R, ditangkap KPK, Rabu (15/6/2016). Mereka diduga memberi dan menerima suap atas perkara Saipul Jamil di PN Jakarta Utara.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X