Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Led Zeppelin Dinyatakan Tidak Jiplak "Stairway to Heaven"

Kompas.com - 24/06/2016, 08:08 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Pengadilan federal Amerika Serikat memutuskan band legendaris Led Zeppelin tidak menjiplak lagu klasik mereka, "Stairway to Heaven", Kamis (23/6/2016).

Sebelumnya diberitakan, band Inggris itu digugat di pengadilan dengan tuduhan menjiplak beberapa bagian dari lagu "Taurus" milik band Spirit (AS) untuk "Stairway to Heaven".

Pihak penggugat, yakni pengelola aset gitaris Spirit, Randy Wolfe menuntut sebesar 40 juta sebagai kompensasi kerugian. Ia juga menuntut nama Wolfe dimasukkan sebagai salah satu penulis lagu legendaris tersebut.

Namun dalam sidang yang digelar di Los Angeles pada Kamis kemarin, panel juri yang terdiri dari delapan orang menyatakan "unsur asli lagu milik Spirit tidak mirip dengan 'Stairway to Heaven'."

Dua personel Led Zeppelin, Jimmy Page dan Robert Plant, menghadiri sidang putusan tesebut. Page dan Plant langsung memeluk tim kuasa mereka begitu sidang ditutup.

"Kami berterima kasih kepada juri dan bahagia karena putusan mereka memenangkan kami, sekaligus menghentikan pertanyaan tentang asal-usul 'Stairway to Heaven' dan menegaskan apa yang kami ketahui selama 45 tahun terakhir," kata Plant dan Page dalam pernyataan bersama setelah putusan itu dijatuhkan.

"Kami berterima kasih atas dukungan para fans dan ingin masalah hukum ini segera berakhir," lanjut mereka.

Namun pengacara penggugat Francis Malofiy mengatakan, "Mereka menang secara teknis. Kami membuktikan mereka memiliki akses ke musik (Taurus), tetapi juri tidak pernah mendengar lagunya."

Lagu "Taurus" memang tidak diperdengarkan selama persidangan sehingga juri pun tidak pernah mendengarnya.

"Jadi juri yang duduk di persidangan tidak pernah mendapat kesempatan mendengar barang bukti (lagu)," kata Malofiy.

"Jika juri mendengar 'Taurus', hasil rekaman, kami pasti memenangi kasus ini. Mereka terbatas pada melihat selembar kertas," timpal Michael Skidmore, pengelola aset Randy Wolfe.

Skidmore menuding sejak awal persidangan berpihak kepada Led Zeppelin. Pihaknya bahkan tidak diperbolehkan mengungkap bahwa bila gugatan mereka dikabulkan, uangnya akan disumbangkan.

"Yang bisa saya katakan adalah uang memang lebih berkuasa dibanding akal sehat. Kami melakukan hal yang benar. Kami berusaha melanjutkan warisan Randy. Tim kami kecil, berhadapan dengan korporasi multinasional. Saya rasa kami cukup berhasil," lanjut Skidmore.

"Kami bertarung dengan kaki dipaku di tanah dan tangan diikat. Bukan pertarungan yang adil," tukas Malofiy.

Ketika ditanya apakah mereka akan mengajukan banding, ia menjawab, "Ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk banding."

Selama persidangan pihak penggugat berusaha membuktikan bahwa Led Zeppelin memiliki akses atau bisa mendengar rekaman "Taurus" dan dua lagu tersebut mirip.

Kedua pihak juga menggali sejarah "Stairway to Heaven". Pihak penggugat antara lain menuding personel Zeppelin mendengarkan Spirit memainkan lagu "Taurus".

Tudingan ini dibantah Plant dan kawan-kawan. Mereka menegaskan Zeppelin menciptakan sendiri lagu itu, bahkan memainkan rekaman versi-versi awal lagu tersebut.

Beberapa pakar musik yang menjadi saksi dalam persidangan mengakui ada kesamaan dalam kedua lagu tersebut. Namun unsur musik yang sama itu merupakan ranah publik dan pernah digunakan oleh band-band besar seperti The Beatles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com