Adegan Kejutan Bocor, Produser dan Sutradara "Rudy Habibie" Geram

Kompas.com - 05/07/2016, 07:56 WIB
Ari Juliano, Manoj Punjabi, BJ Habibie, Hanung Bramantyo dan Reza Rahadian dalam diskusi Pembajakan Film Indonesia di MD Building, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungAri Juliano, Manoj Punjabi, BJ Habibie, Hanung Bramantyo dan Reza Rahadian dalam diskusi Pembajakan Film Indonesia di MD Building, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Adegan kejutan dalam film "Rudy Habibie" ternyata bocor di media sosial. Bahkan di beberapa tautan, film karya Hanung Bramantyo tersebut bisa disaksikan secara utuh.

Hal itu membuat sang produser, Manoj Punjabi, geram.

"Anda semua harus push ke pihak bioskop untuk lebih ketat menjaga produk film Indonesia. Mereka tidak sadar hanya untuk tweet ke artis di film itu. Tapi itu bisa jadi spoiler juga adegan yang tidak diketahui," kata Manoj dalam diskusi Pembajakan Film Indonesia di MD Building, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (4/7/2016).

Kekesalan juga dirasakan oleh Hanung. Ia tidak mempermasalahkan jika beberapa penonton merekam secuplik adegan lalu mengunggah video tidak lebih dari 30 detik ke media sosial.

Namun yang beredar belakangan adalah keseluruhan film yang sudah dapat digolongkan sebagai pembajakan.

"Selama itu capturing video untuk menunjukkan nonton, enggak ada permasalahan. Terjadi kan merekam adegan dan bercerita. Itu buat saya spoiler. Yang mengagetkan selama 2 jam," jelas Hanung.

Manoj menambahkan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat kepada pemilik bioskop untuk memperketat pengawasan.

"Ini offensive, ini crime yah mutlak. Bagi saya dan kami menghimbau kepada teman-teman wartawan ada awareness. Ending film kita ada surprise. Saya sudah kirim surat jangan nyalakan lampu ketika ada bagian surprise," ujar Manoj lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X