Film Pendek "Pilihan" Bikinan Mahasiswa Indonesia Menang di Taiwan

Kompas.com - 03/08/2016, 17:26 WIB
NYALE PROJECT menerima penghargaan untuk film pendek Pilihan sebagai film pendek terbaik dalam The 2nd Immigrant and Migrant Short Film Awards 2016 di Taiwan pada Minggu (31/7/2016) waktu setempat. Dok NYALE ProjectNYALE PROJECT menerima penghargaan untuk film pendek Pilihan sebagai film pendek terbaik dalam The 2nd Immigrant and Migrant Short Film Awards 2016 di Taiwan pada Minggu (31/7/2016) waktu setempat.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebuah film pendek berbahasa Indonesia, Pilihan, menjadi film pendek terbaik dalam The 2nd Immigrant and Migrant Short Film Awards 2016.

Film berdurasi 13 menit 46 detik itu dibikin oleh NYALE Project, yang terdiri dari Ayub Angga Direja, Mufid Salim, dan Fahnurrieski.

The 2nd Immigrant and Migrant Short Film Awards 2016 menyeleksi berbagai film pendek yang bercerita tentang kehidupan buruh migran serta mengenalkan kekhasan Taiwan dari sudut pandang orang asing.

Acara puncaknya diselenggarakan di Musem Nasional Taiwan pada Minggu lalu (31/7/2016) waktu setempat.

"Ini film pertama gue yang menang kompetisi," kata  Ayub.

Para juri ajang penghargaan tersebut memiliki alasan untuk memutuskan Pilihan menjadi film pendek terbaik.

"Juri bilang, ini film sudah mewakili kehidupan migran di Taiwan, tentang pengorbanan yang dilakukan keluarga di rumah, dan juga pengambilan gambar bikin enggak bosen untuk dilihat," kata ayub lagi.

"Karena kita sih tepatnya pengin bikin sesuatu yang nempel banget dan ceritanya mencakup pengalaman hidup semua kalangan. Nah, kebetulan ini semuanya real. Talent-talent yang ada di film itu ya beneran hubungan istri, suami, dan anaknya," tambah Ayub.

Berkuliah dan Bikin Film
Sebagai warga Indonesia yang berkuliah di Taiwan, Ayub ingin lebih dari menuntut ilmu saja di negara berjulukan Negeri yang Sunyi itu.

Sebelum kembali ke Tanah Air, ia bertekad untuk membuat sebuah karya berkesan yang berhubungan dengan Taiwan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X