Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk "Juru Bicara", Pandji Pragiwaksono Minta Saran Indro "Warkop"

Kompas.com - 06/08/2016, 18:04 WIB
|
EditorIrfan Maullana


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Komika Pandji Pragiwaksono tengah menjalani tur dunia dalam rangka stand up comedy yang ia berri tajuk "Juru Bicara Wold Tour".

Pandji mengatakan, salah satu tantangan terberat pada proyek ini adalah bagaimana membuat materi stand up selama dua jam yang bisa membuat suasana pecah meski dibawakan di berbagai belahan dunia.

Karena itu Pandji lantas meminta saran komedian kawakan Indro "Warkop".

"Saya nanya ke om Indro bagaimana membawakan materi selama dua jam yang bisa membuat orang tertawa terus sama kayak dulu film Warkop yang durasinya hampir sama tapi ketika ditonton, sepanjang film kita bisa tetap ketawa," kata Pandji dalam jumpa pers Juru Bicara World Tour di The Kalimilk, Yogyakarta, Jumat (5/8/2016) sore.

"Om Indro bilang jangan fokus per bagian untuk jokes-nya, tapi harus dilihat secara keseluruhan. Beliau bilang buat bikin jokes yang bagus saja. Butuh enam bulan sendiri saya nulis materinya," imbuhnya.

Selain itu, Pandji mengaku mencoba beberapa materi ketika open mic atau tampil menyajikan lelucon di beberapa tempat.

"Sebelumnya saya coba dulu jokes-nya ketika open mic. Misalnya, saya open mic di Jakarta Barat, Jakarta Timur, terus di Depok. Karakter penontonnya kan pasti berbeda. Nah, ketika saya coba dan banyak yang tertawa atau istilahnya pecah, ya akan saya masukkan ke materi untuk Juru Bicara World Tour," terangnya.

Bagi Pandji, ketelitian dan ketepatan sangatlah dibutuhkan dalam membawakan materi dan jokes agar diterima oleh penonton di tempat-tempat yang berbeda. Menurutnya, karakter tiap penonton di setiap kota yang ia kunjungi sangat berbeda satu sama lain.

"Misalnya saya adalah seorang profesor, saya bisa membawakan materi yang lucu bila di depan orang-orang yang paling tidak sama referensinya dengan saya. Coba saya bawa materi ke anak SMA, belum tentu mereka paham dan bisa tertawa dengar materi saya. Makanya, butuh proses panjang bagi saya untuk menyiapkan hal itu," ujarnya.

Sebagai informasi, "Juru Bicara World Tour" merupakan tur stand up comedy dari Pandji Pragiwaksono yang akan menyambangi 24 kota di lima benua berbeda. Yogyakarta menjadi kota ke-10 yang ada dalam jadwal "Juru Bicara World Tour".

Rencananya acara tersebut akan digelar di Auditorium Driyakara, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2016) mulai pukul 18.00.

"Juru Bicara World Tour Yogyakarta" akan dibuka oleh penampilan komika asal Jakarta, Afif. Selain itu, Pandji juga turut mengajak Mamat, komika asal Papua yang terpilih dari hasil audisi Stand Up Comedy Jogja untuk menjadi pembuka pertunjukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+