Album Daur Ulang Film "Tiga Dara" Dirilis

Kompas.com - 11/08/2016, 21:40 WIB
Bonita, Aimee Saras, dan Aprilia Apsari KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESBonita, Aimee Saras, dan Aprilia Apsari "WSTCC" diabadikan dalam acara peluncuran album lagu tema Tiga Dara di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bukan hanya film musikal klasik Tiga Dara (1956) yang lahir kembali setelah direstorasi. Tetapi, lagu-lagu tema film garapan sutradara Usmar Ismail itu juga kembali mengalun dalam bentuk album daur ulang.

"Agar film restorasi Tiga Dara mudah masuk ke generasi sekarang, maka dibangun jembatan. Salah satunya, album lagu-lagunya dibikin ulang. Jadi malam ini kami melakukan peluncuran CD album," ucap Produser Eksekutif SA Film, Alex Sahir, dalam konferensi pers konser Tiga Dara di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).

Alex mengatakan, awalnya lagu-lagu tema film Tiga Dara yang pernah meraih Piala Citra untuk Musik Terbaik pada Festival Film Indonesia 1960 itu akan ikut direstorasi.

Namun, album dalam format shellac yang diproduksi Dendang Records itu tak berhasil ditemukan.

"Jadi kami putuskan membuat album aransemen ulang lagu-lagu film Tiga Dara. Kami minta izin ke Aden Bahri, anak komposernya Saiful Bahri," ucap Alex.

David Tarigan, penanggung jawab A&R (artist and repertoire) album tersebut, menunjuk Indra Perkasa, Mondo Gascaro, Bonita & the hus Band, dan Deredia membuat aransemen 10 lagu tema asli Tiga Dara yang sudah berusia 60 tahun.

Sejumlah penyanyi masa kini pun dilibatkan. Ada Aimee Saras, Aprilia Apsari "WSTCC", Bonita, Andra Perdana, Monita Tahalea, Indra Aziz, dan Danilla Riyadi. Sementara untuk musik pengiringnya dimainkan oleh Orkes Gadgadsvara.

"Kesempatan produksinya hanya 40 hari, dari ide itu ada sampai masternya jadi," kata David.

"Rekaman selama tiga hari, termasuk rekaman vokal. Terus mixing, kemudian mastering. Gue mulai kerja itu awal Juni," tambah konduktor Orkes Gadgadsvara, Indra Perkasa.

Adapun daftar 10 lagu tema film Tiga Dara, yakni "Tiga Dara", "Cita-cita", "Letnan Hardy", "Tamasya", "Joget". Kemudian, "Pilih Menantu", "Siapa Namanya", "Bimbang Tanpa Pegangan", "Lagu Gembira", dan "Senandung Lagu Lama".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X