Tulus Mengenang Yongki

Kompas.com - 13/08/2016, 17:16 WIB
EditorIrfan Maullana

KOMPAS.com - Hari Gajah Internasional, Jumat (12/8) kemarin, tak hanya mengingatkan Tulus pada lagu dan albumnya yang juga berjudul Gajah. Tulus terkenang pengalaman pribadinya dengan seekor gajah bernama Yongki. Kenangan itu mencuatkan kesedihan.

Yongki tinggal di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung. Dua tahun lalu, Tulus datang ke lokasi itu untuk pembuatan videoklip lagu "Gajah", dengan Yongki sebagai salah satu bintangnya.

Secara tak langsung, Yongki berkontribusi pada cerahnya karier Tulus, mengingat lagu dan album Gajah membuat pemilik nama lengkap Muhammad Tulus itu menerima tiga penghargaan pada Anugerah Musik Indonesia 2015. Total, Tulus memboyong enam penghargaan.

"Itu mungkin mimpi semua musikus di Indonesia. Mestinya saya senang, tetapi justru marah dan sedih," ujar pria kelahiran Bukittinggi ini. Sebab, dalam bulan yang sama dengan penganugerahan tersebut, Yongki ditemukan tewas dan tak bergading lagi.

Tergerak oleh kematian gajah pertama yang ditunggangi Tulus dalam hidupnya itu, dia mengampanyekan gerakan #JanganBunuhGajah. Tujuannya, agar mereka yang bukan profesional dalam pelestarian gajah juga mau berkontribusi mencegah punahnya hewan berbelalai itu.

Tulus pun menjual produk bertema gajah, seperti kaus, tas belanja, tumbler, serta cangkir keramik, dan memajangnya secara daring di situstulus.com/toko. Membeli produk itu menjadi salah satu cara publik terlibat.

"Seratus persen keuntungan (penjualan tersebut) diserahkan kepada WWF Indonesia untuk pengadaan kalung GPS guna melacak pergerakan gajah," kata Tulus. (JOG)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 13 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Mengenang Yongki".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.