Meski Bukan untuk Kali Pertama, Ikke Nurjanah Masih "Grogi"

Kompas.com - 19/08/2016, 12:15 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Ikke Nurjanah (42) mengaku tetap grogi, meski bukan kali pertama ia menjadi pemberi materi ajaran di University of Pittsburgh, Pennsylvania, AS.

Hal itu seharusnya tidak perlu dirasa oleh Ikke yang sudah pernah berkegiatan sama di tempat yang sama pada 2010, karena bahan yang akan ia sampaikan dalam bahasa Indonesia di universitas itu mengenai musik yang digelutinya, dangdut.

Menjadi pengajar tamu merupakan salah satu kegiatannya dalam rangkaian program Amerika Terlena Dangdut 2016, yang diselenggarakan di AS pada September 2016 dengan dukungan Badan Ekonomi Kreatif Nasional (BEKRAF).

"Nyanyi sih slow, sudah biasa. Presentasi itu lho, berat tanggung jwabnya, takut aku salah kasih materi," kata pencetak hit "Terlena" ini dalam jumpa pers mengenai Amerika Terlena Dangdut 2016 di Jakarta pada Kamis (18/8/2016).

Untuk itulah, Ikke merasa perlu melakukan banyak persiapan, salah satunya dengan berdiskusi dengan profesor Andrew Weintraub selaku pengajar pada Departemen Musik Etnik di University of Pittsburgh.

"Karena ini juga akan ada bedah buku, nanti akan ketemu sama Profesor Andrew, yang dibutuhin apa, as long as musik dangdut dan detil apa lagi yang dibutuhkan untuk materi saya," terangnya.

Selain itu, sebelum berangkat ke AS, pelantun lagu "Gantung" ini juga akan berdiskusi dengan Raja Dangdut, Rhoma Irama, tentang dangdut.

"Sama Haji Oma sih, yang lain enggak. Kalau kayak tahun lalu aku browsing, banyak kan pembicara dangdut, ada juga blog-blog yang orangnya kompeten, saya ambil. Saya juga nanya-nanya ke senior-senior sih," paparnya.

Pelantun "Sun Sing Suwe" ini akan berangkat ke AS pada 1 September 2016 dan berada di sana selama dua minggu.

Ia akan memberi materi ajaran tentang dangdut dan menyajikan bedah buku Diary Dangdut Ikke Nurjanah di kampus universitas tersebut dan Library of Congress, Washington DC.

Selain itu, Ikke akan menyanyi di beberapa kota, yaitu Washington DC, Philadelphia, dan New York City.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.