Ada Unsur Macapat di Album Baru Shaggydog

Kompas.com - 21/08/2016, 13:53 WIB
Band ska asal Yogyakarta, Shaggydog tampil dalam acara Prambanan Jazz 2016 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (20/8/2016) malam. KOMPAS.COM/YULIANUS FEBRIARKOBand ska asal Yogyakarta, Shaggydog tampil dalam acara Prambanan Jazz 2016 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (20/8/2016) malam.
|
EditorKistyarini

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Band ska asal Yogyakarta, Shaggydog, baru saja meluncurkan album terbaru mereka yang bertajuk Putra Nusantara dalam format digital.

Di antara 12 lagu dalam album itu, terdapat sebuah sebuah lagu berjudul "Pion", yang mengandung unsur macapat atau tembang Jawa.

"Yang nyanyi macapat itu Sudjiwo Tedjo. Kami sengaja mengajaknya berkolaborasi dan akhirnya gayung bersambut, dia mau," kata Heru, vokalis Shaggydog, kepada Kompas.com usai tampil dalam acara Prambanan Jazz 2016, Sabtu (20/8/2016) malam.

Heru mengaku proses rekaman lagu tersebut bisa dibilang mengasyikkan apalagi berkolaborasi dengan Sudjiwo Tedjo.

"Dia dua hari di Jogja, makan soto, kulineran gitu dan rekaman. Menyenangkan sih, apalagi dia juga main saksofon di lagu itu," ujarnya.

Dalam album Putra Nusantara itu Shaggydog juga berkolaborasi dengan rapper Iwa K di single perdana "Putra Nusantara".

Shaggydog juga melibatkan musisi Riri 'Everyday', Danar 'Souljah', DJ Kateratchy, hingga Tony The Weed.

Shaggydog, kata Heru, memiliki pesan dan harapan khusus melalui album Putra Nusantara tersebut.

"Kami ingin explore sisi Indonesia kami. Dari judulnya kami juga ingin mengangkat pesan-pesan yang berguna bagi generasi muda di Indonesia, terutama mereka yang ada di daerah-daerah. Padahal mereka juga kan yang nantinya bakal jadi penentu negeri ini. Jadi, kami ingin menyampaikan itu lewat album kami ini," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.