Ikke Nurjanah: Dangdut di Library of Congress

Kompas.com - 30/08/2016, 15:00 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meski ini untuk yang kedua kalinya, setelah yang pertama tahun 2010, perjalanan pedangdut Ikke Nurjanah (42) ke Amerika Serikat tetap akan kaya makna.

Ikke-dari nama asli Hartini Erpi-Nurjanah tidak saja akan tampil di Universitas Pittsburgh seperti enam tahun silam, tetapi juga akan memperkenalkan musik dangdut di tiga kota, yakni Washington DC, New York City, dan Philadelphia.

Dalam lawatan 1-15 September nanti, Ikke juga akan mendiskusikan otobiografinya, Diary Dangdut Ikke Nurjanah, di tempat legendaris, yakni Library of Congress, Washington DC, perpustakaan yang didirikan tahun 1800 dan merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Diskusi yang sama akan ia lakukan di Smithsonian Folkways, label rekaman yang mengkhususkan diri untuk merekam lagu etnik dan lagu rakyat dari seluruh dunia.

Smithsonian Folkways merupakan bagian dari Institut Smithsonian.

"Saya antusias dan bangga bisa mengulang sukses program sosialisasi musik dangdut di Amerika," ujar Ikke, pekan lalu, di Jakarta.

Selain membahas dangdut dan bukunya, Ikke tak lupa mengingat kembali beberapa lagunya yang paling terkenal, seperti "Terlena" dan "Sun Sing Suwe".

"Terajana" juga ia persiapkan, mengingat lagu ini juga berkisah tentang dangdut.

Satu hal lain yang membanggakan Ikke adalah tur yang dikelola oleh Sireedee Entertainment ini juga didukung Badan Ekonomi Kreatif.

Selama di AS, Ikke akan didampingi Profesor Andrew Wintraub yang banyak meneliti musik Indonesia.

Namun, alih-alih bisa konsentrasi dengan program sosialisasi dangdut di AS, Ikke justru masih sibuk dengan tur konser domestiknya.

Minggu kemarin, ia masih tampil di Jambi dan sebelum angkat koper ke AS, ia juga masih harus ke Palembang. (nin)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 30 Agustus 2016, di halaman 32 dengan judul "Dangdut di Library of Congress".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.