Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Candaan Jomblo Gamma 1

Kompas.com - 18/10/2016, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Personel grup Gamma1 (Gamma One) tak pernah menyangka karyanya digemari tidak hanya di Indonesia, tetapi juga sampai ke Malaysia.

Single terbaru mereka, "Jomblo Happy", yang dirilis sejak Februari 2016, telah ditonton 8,8 juta kali di kanal Youtube.

Band pop melayu asal Bangka Belitung yang terdiri dari Heri (vokal), Nilam (vokal), Alung (gitar), Andan (drum), dan Pandi (bas) ini bulan lalu baru tur promo ke Malaysia selama satu minggu.

"Sambutannya luar biasa, baik dari penggemar maupun penyanyi di Malaysia. Lagu kami dinyanyikan oleh Siti Nordiana dan menjadi backsound sebuah acara televisi," kata Heri saat dihubungi dari Jakarta, Senin (17/10/2016).

Musik dari lagu "Jomblo Happy" merupakan saduran dari lagu berbahasa Rusia yang berjudul "Kanikuly" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh trio BUM dengan judul "How Do You Do".

Namun, menurut Heri, mereka membuat liriknya sendiri.

"Kami bikin temanya jomblo karena sering bercanda tentang jomblo. Personel yang masih jomblo sering bilang lebih enak jadi jomblo. Terus kepikiran bikin lagu tentang ini, bukan sesuatu yang ditakutkan, bukan untuk mengejek," cerita Heri.

Videoklip lagu pun dibikin ceria sesuai dengan musik dan liriknya.

"Kami tetap mempertahankan susunan musik orisinalnya karena sudah mendapat izin yang sah dari komposer asli. Agar tidak timbul salah paham dan tidak mau dituduh plagiat," ujar Heri.

Gamma1 memulai debutnya di industri musik Indonesia dengan merilis album 1 Atau 2.

Hit single mereka yang judulnya sama seperti nama albumnya digemari pencinta musik Indonesia.

Lagu hit lainnya, seperti "Hidup Segan Mati Tak Mau", mampu mengibarkan nama Gamma1 menjadi band pop melayu Tanah Air. (SIE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 18 Oktober 2016, di halaman 32 dengan judul "Candaan Jomblo".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com